Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran Jenjang SMP

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Jenjang SMP Semua Mata Pelajaran

Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai Capaian Pembelajaran (CP) dan Profil Pelajar Pancasila. 

Perangkat ajar pada Kurikulum Merdeka dapat meliputi modul ajar, buku ajar (buku teks pelajaran), modul projek, dan media pembelajaran seperti video pembelajaran serta bentuk lainnya yang diperlukan bagi seorang pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. 

Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Menyesuaikan tahap perkembangan peserta didik pemetaan capaian pembelajaran dibagi dalam fase usia.

ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Jika Capaian Pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai murid di akhir fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran untuk murid dapat mencapai Capaian Pembelajaran tersebut. 

Alur Tujuan Pembelajaran menjadi panduan guru dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase. Setiap poin dalam Alur Tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu. 

Guru dapat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran masing-masing menyesuaikan dengan konteks dan kebutuhan peserta didik di kelas yang diampu.

Pengembangan Modul Ajar

Sebelum melakukan tugas pendidik dalam melaksanakan pembelajaran, maka harus melakukan pengembangan modul ajar. Pengembangan modul ajar ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran. 

Modul ajar yang dikembangkan harus bersifat esensial; menarik, bermakna, dan menantang; relevan dan kontekstual; dan berkesinambungan.

Pembelajaran paradigma baru berpusat pada peserta didik. Karena itu, pembelajaran ini disesuaikan dengan tahapan pencapaian dan karakteristik peserta didik. Ruang lingkup materi pembelajaran adalah apa yang akan diajarkan oleh pendidik di kelas atau apa yang akan dipelajari oleh peserta didik di kelas. 

Selanjutnya pendidik menyesuaikan proses pembelajaran, menyesuaikan produk hasil belajar, dan mengkondisikan lingkungan belajar. 

Berikut Link Download Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Jenjang SMP Fase D untuk Semua Mata Pelajaran:

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 7 :

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 8 :

Perangkat Ajar Kelas 9 Jenjang SMP Semua Mata Pelajaran:

Bahasa Indonesia Kelas 9 klik (Disini)
Bahasa Inggris Kelas 9 klik (Disini)
Matematika Kelas 9 klik (Disini)
PPKn Kelas 9 klik (Disini)
PJOK Kelas 9 klik (Disini)
PAI Kelas 9 klik (Disini)
IPA Kelas 9 klik (Disini)
IPS Kelas 9 klik (Disini)
Seni Budaya Kelas 9 klik (Disini)
Prakarya Kelas 9 klik (Disini)