Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Kelas 4 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran

Apa itu Perangkat Ajar

Dalam Kurikulum Merdeka, perangkat ajar merupakan seperangkat alat bantu pembelajaran digunakan oleh guru untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP) dan capaian pembelajaran sesuai Fase Peserta Didik. 

Perangkat Ajar ini mencakup berbagai sumber pembelajaran seperti modul ajar, buku ajar, materi video, dan berbagai format lainnya. Konsep ini juga berlaku untuk perangkat ajar yang digunakan dalam pembelajaran kelas 4 SD/MI di semua mata pelajaran, dengan tujuan mencapai capaian pembelajaran dan profil pelajar Pancasila sesuai dengan kurikulum Merdeka.

Apa itu Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) adalah sekelompok kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada berbagai tahapan perkembangan mereka. CP mencakup beragam kompetensi dan materi pembelajaran yang tersusun secara menyeluruh dalam bentuk narasi. 

Untuk pendidikan dasar dan menengah, CP terdiri dari enam fase, yakni:
  • Fase A: Kelas 1-2 SD/MI/SDLB/Paket A
  • Fase B: Kelas 3-4 SD/MI/SDLB/Paket A
  • Fase C: Kelas 5-6 SD/MI/SDLB/Paket A
  • Fase D: Kelas 7-9 SMP/MTs/SMPLB/Paket B
  • Fase E: Kelas 10 SMA/MA/SMALB/Paket C, SMK/MAK

Apa itu Alur Tujuan Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Urutan ini dibentuk secara linear, mengikuti aliran tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap tahap fase, dengan tujuan akhirnya mencapai Capaian Pembelajaran di akhir fase tersebut.

Apa itu Modul Ajar

Modul Ajar adalah salah satu elemen yang penting dalam perangkat pembelajaran ini. Modul Ajar adalah sebuah dokumen yang berisi informasi tentang tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, materi pembelajaran yang akan digunakan, dan penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik, sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). 

Minimal, Modul Ajar harus mencakup tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, termasuk jenis media yang digunakan, metode penilaian, serta sumber informasi dan referensi tambahan yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran.

Modul Ajar berfungsi sebagai panduan yang mencakup tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran, dan penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik pembelajaran sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). 

Modul pembelajaran serupa dengan RPP (rencana pembelajaran di kelas), tetapi lebih komprehensif, sehingga sering disebut sebagai RPP Plus. Salah satu manfaat utama dari penggunaan Modul Ajar adalah membantu mengarahkan proses pembelajaran, mendukung pendidik dalam mencapai CP (Capaian Pembelajaran), dan menyediakan alat evaluasi pembelajaran.

Berikut Tautan Download Perangkat Ajar Kelas 4 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran: