Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Kelas 8 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran

Perangkat Pembelajaran Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Perangkat pembelajaran dalam Kerangka Kurikulum Merdeka adalah beragam alat, media, dan sumber belajar yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) dan memenuhi Profil Pelajar Pancasila berdasarkan kurikulum tersebut.

Biasanya, perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka mencakup modul ajar, buku teks pelajaran, modul proyek, serta berbagai jenis media pembelajaran seperti video dan alat lain yang diperlukan oleh guru dalam proses pengajaran di kelas.

Definisi Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kemampuan yang diharapkan dicapai oleh peserta didik pada setiap tahap perkembangan atau fase dalam setiap mata pelajaran di semua tingkatan pendidikan, mulai dari usia dini hingga pendidikan menengah.

CP ini biasanya berisi serangkaian kompetensi dan materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi, dan CP ini disesuaikan dengan tahap perkembangan peserta didik yang dibagi menjadi berbagai fase usia.

Definisi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Jika CP adalah kemampuan yang diharapkan dicapai oleh siswa pada akhir fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun dengan sistematis dan logis dalam setiap fase pembelajaran agar siswa dapat mencapai CP tersebut.

ATP menjadi panduan bagi guru dan siswa untuk mencapai CP pada akhir suatu fase, dan setiap poin dalam ATP disusun berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu. Guru dapat menyusun ATP sesuai dengan konteks dan kebutuhan siswa di kelas yang mereka ajar.

Pengembangan Modul Ajar

Sebelum melibatkan diri dalam proses pembelajaran, pendidik perlu mengembangkan modul ajar. Tujuan dari pengembangan modul ajar ini adalah untuk menciptakan perangkat pembelajaran yang akan membimbing pendidik dalam proses pengajaran.

Modul ajar yang dikembangkan harus memiliki sifat-sifat berikut: esensial, menarik, bermakna, menantang, relevan, kontekstual, dan berkelanjutan.

Pendekatan pembelajaran yang baru menekankan pada peran sentral siswa, sehingga pembelajaran harus disesuaikan dengan tahapan pencapaian dan karakteristik siswa. Ruang lingkup materi pembelajaran menentukan apa yang akan diajarkan oleh pendidik atau dipelajari oleh siswa di kelas.

Selanjutnya, pendidik menyesuaikan proses pembelajaran, menyesuaikan produk hasil belajar, dan menciptakan lingkungan belajar yang sesuai.

Perangkat Ajar Kelas 8 Kurikulum Merdeka  Semua Mata Pelajaran, silahkan klik masing-masing mata pelajaran: