Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka SMA Kelas 11 Semua Mata Pelajaran

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Kelas XI SMA Fase F Semua Mata Pelajaran

Perangkat Ajar dalam Kurikulum Merdeka adalah berbagai perangkat pembelajaran yang dipergunakan oleh guru untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) dan Profil Pelajar Pancasila. 

Perangkat Ajar dalam Kurikulum Merdeka dapat mencakup modul ajar, buku teks, modul proyek, serta berbagai media pembelajaran seperti video pembelajaran dan jenis sumber daya lain yang diperlukan oleh pendidik dalam menjalankan proses mengajar.

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kemampuan belajar yang perlu diperoleh oleh siswa pada tiap tahap perkembangan dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah usia dini, dasar, dan menengah. 

CP ini mencakup sejumlah keterampilan dan materi yang diatur secara menyeluruh dalam bentuk cerita naratif. Untuk sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, pencapaian pembelajaran dibagi menjadi fase-fase usia.

ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Jika Capaian Pembelajaran adalah kemampuan yang diharapkan siswa capai pada akhir suatu fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun secara teratur dan logis selama fase pembelajaran agar siswa dapat mencapai Capaian Pembelajaran tersebut. 

Alur Tujuan Pembelajaran berfungsi sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam mencapai Capaian Pembelajaran pada akhir fase tertentu. Setiap langkah dalam Alur Tujuan Pembelajaran disusun berdasarkan urutan waktu dalam proses pembelajaran. Guru dapat menyesuaikan Alur Tujuan Pembelajaran mereka dengan konteks dan kebutuhan siswa di kelas yang mereka ajar.

Pengembangan Modul Ajar

Sebelum memulai tugas sebagai pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran, penting untuk melakukan pengembangan modul ajar. Tujuan dari pengembangan modul ajar ini adalah untuk menciptakan perangkat pembelajaran yang dapat membimbing pendidik dalam proses pengajaran. Modul ajar yang dikembangkan harus memiliki beberapa karakteristik, yaitu esensial, menarik, memiliki makna, dan menantang; relevan dan sesuai dengan konteks; serta berkelanjutan.

Pendekatan pembelajaran baru ini berfokus pada siswa sebagai pusatnya. Oleh karena itu, pembelajaran harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan karakteristik individu siswa. Lingkup materi pembelajaran mencakup apa yang akan diajarkan oleh pendidik di kelas atau apa yang akan dipelajari oleh siswa dalam kelas tersebut. Selanjutnya, pendidik akan menyesuaikan proses pembelajaran, hasil pembelajaran, dan mengatur lingkungan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.

Berikut Link Download Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 11 Fase F untuk Semua Mata Pelajaran: