Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar PPKn Kelas 7 Fase D Kurikulum Merdeka


Modul ajar bagi seorang pendidik sangat dibutuhkan karena memiliki beberapa manfaat dalam membantu mereka dalam menyusun rencana pembelajaran yang terarah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. 

Modul ajar biasanya memuat informasi yang lengkap tentang capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, asesmen, refleksi serta lampiran. Hal ini dapat membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik berdasarkan capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka.

Modul Ajar PKn Kelas 7 Kurikulum Merdeka adalah salah satu jenis perangkat ajar yang digunakan dalam kurikulum Merdeka untuk mempermudah guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. Modul Ajar PKn merupaka  rencana pelaksanaan pembelajaran plus yang disusun untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai Capaian Pembelajaran (CP) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Modul Ajar PKn memiliki beberapa karakteristik, antara lain berpusat pada peserta didik, berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), mengembangkan kemandirian belajar, membangun profil pelajar Pancasila, mendorong kolaborasi dan kerja sama antar-peserta didik, menerapkan pembelajaran berbasis tematik, menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran, menggunakan berbagai media pembelajaran, serta melakukan asesmen yang terintegrasi. Secara umum, modul ini terdiri dari beberapa komponen, seperti informasi umum, capaian dan tujuan pembelajaran, detail kegiatan pembelajaran, detail pertemuan, dan penilaian.

Informasi umum mencakup data identifikasi modul ajar, seperti judul, penyusun, dan lembaga pendidikan terkait. Capaian dan tujuan pembelajaran merincikan kompetensi yang diharapkan diperoleh oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Detail rancangan penggunaan mencakup aspek pengaturan waktu, jumlah pertemuan yang ditetapkan, dan tahapan-tahapan pelaksanaan pembelajaran. Bagian detail pertemuan berfokus pada deskripsi kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada setiap pertemuan. Sedangkan bagian penilaian menggambarkan alat atau metode evaluasi yang digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.

Buku Ajar PKn Kelas 7 Kurikulum Merdeka:

  • Buku PKn Kelas 7 untuk Guru klik (Disini)
  • Buku PKn Kelas 7 untuk Siswa klik (Disini)

Link Download Modul Ajar PKn Kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 silahkan unduh di bawah ini:

  • CP dan ATP PKn Kelas 7 klik (Disini)
  • Modul Ajar Pendidikan Pancasila versi pertama klik (Disini)
Butuh perangkat pelajaran semua mata pelajaran jenjang SMP klik (Disini)