Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka


Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka adalah segala jenis bahan ajar yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) dan Profil Pelajar Pancasila. Perangkat ajar tersebut dapat berupa modul ajar, buku ajar, modul projek, dan media pembelajaran lainnya.

CP adalah kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada setiap tahap perkembangannya. CP memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Pemetaan CP dibagi dalam fase usia untuk menyesuaikan tahap perkembangan peserta didik.

Modul ajar adalah perangkat ajar yang memandu pendidik dalam melaksanakan pembelajaran. Modul ajar yang dikembangkan harus memenuhi kriteria esensial, menarik, bermakna dan menantang, relevan dan kontekstual, serta berkesinambungan.

Modul ajar Bahasa Indonesia adalah perangkat ajar yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) dan Profil Pelajar Pancasila dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Modul ajar ini disusun secara komprehensif, meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan refleksi.

Modul ajar Bahasa Indonesia dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Jadi, pendidik dapat mengembangkan sendiri modul ajar yang disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik peserta didik, lingkungan belajar serta dengan memperhatikan sarana dan prasarana di sekolah masing-masing.

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D di Kelas 8:

Pada akhir Fase D, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi sesuai tujuan  dan memahami teks arahan/petunjuk, teks cerita pendek, teks puisi sederhana, teks drama, surat pribadi, dan surat resmi. Peserta didik mampu memahami isi bacaan sederhana dan meresponnya dengan berbagai bentuk, berbicara dengan sopan, santun, intonasi yang jelas dan mudah dipahami. Peserta didik juga mampu menuliskan kembali isi teks arahan/petunjuk, teks cerita pendek, teks puisi sederhana, teks drama, surat pribadi, dan surat resmi.

1. Menyimak

Peserta didik mampu menyimak dengan saksama, memahami dan memaknai instruksi, mengidentifikasi informasi berupa fakta atau proses kejadian dari teks petunjuk/arahan sederhana, teks cerita pendek, surat pribadi, teks puisi, teks drama, dan surat resmi seperti surat undangan dan surat pemberitahuan yang disajikan dalam bentuk lisan atau isyarat, teks aural (teks yang dibacakan) dan teks audiovisual.

2. Membaca dan memirsa

Peserta didik membaca dan memahami kata-kata baru yang diperolehnya. Peserta didik mampu membaca teks sederhana dengan lancar, membaca teks petunjuk/arahan sederhana, cerita pendek, teks puisi, teks drama, surat pribadi, dan surat resmi.

3. Berbicara dan mempresentasikan
Peserta didik mampu melakukan tanya jawab dengan teman, guru, dan orang dewasa di sekitarnya dengan santun berbahasa. Peserta didik juga mampu menceritakan kembali isi teks petunjuk/arahan sederhana, cerita pendek, teks puisi, surat pribadi, dan surat resmi (surat undangan atau pemberitahuan) serta memerankan drama sederhana dengan lafal dan intonasi yang sesuai.

4. Menulis

Peserta didik mampu menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalaman dalam bentuk teks petunjuk/arahan sederhana, teks cerita pendek, dan teks drama sederhana. Peserta didik juga dapat menulis surat pribadi, surat resmi, dan teks puisi dengan tulisan yang jelas dan rapi. 

Berikut Link Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 dan 2:

  • CP & ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)\
  • PPT Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 dan 2 klik (Disini)
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 dan 2 klik (Disini)
  • Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)
  • Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)
  • Ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 klik (Disini)

Link Download Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Jenjang SMP Semua Mata Pelajaran klik (Disini)