Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka


Sebelum memulai proses pembelajaran, guru perlu merancang bagaimana pelaksanaannya akan berjalan efektif. Dalam Konteks Kurikulum Merdeka, tahap ini disebut sebagai penyusunan modul ajar. Modul ajar adalah suatu instrumen atau perkakas pendidikan yang berisi konten pelajaran, strategi pengajaran, pedoman, dan metode penilaian yang telah disusun dengan terstruktur dan menarik, bertujuan untuk mendukung pencapaian kompetensi yang diinginkan.

Modul ajar adalah hasil pelaksanaan Alur Tujuan Pembelajaran yang disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai tujuannya. Dalam penyusunan kurikulum Mandiri, satuan pendidikan memiliki kebebasan dalam membuat keputusan sesuai dengan hasil angket yang mereka lakukan. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan guru, staf pendidikan, serta satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum di sekolah.

Satuan pendidikan dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan kesiapan dan kemampuan mereka. Penerapan kurikulum Mandiri dianggap lebih efisien jika dapat memenuhi kebutuhan secara optimal. 

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik pada akhir fase. CP mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran untuk murid dapat mencapai Capaian Pembelajaran tersebut. ATP disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

CP dan ATP menjadi acuan bagi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Guru dapat menggunakan CP dan ATP untuk menentukan materi, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Secara umum, modul ajar memiliki fungsi serupa dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), tetapi ada beberapa penyesuaian yang terdapat di dalamnya. Komponen dalam modul ajar ini perlu disusun secara teratur atau terstruktur, dan harus disesuaikan dengan konteks sekolah serta karakteristik siswa.

Dalam Kurikulum Merdeka, modul ajar adalah alat pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk merencanakan proses pembelajaran. Penyusunan modul ajar ini disesuaikan dengan pencapaian pembelajaran pada fase atau tahap perkembangan peserta didik.

Modul ajar mencakup pemilihan materi yang akan diajarkan dengan tujuan pembelajaran serta materi yang berorientasi pada perkembangan jangka panjang. Pembuatan modul ajar ini membantu guru dalam menjalankan proses pembelajaran dengan lebih efisien.

Modul Ajar Informatika kelas 8 adalah sebuah dokumen yang merancang pembelajaran secara khusus untuk mengajar siswa dalam mata pelajaran Informatika pada tingkat kelas 8 di Fase D. 

Berikut Link Download Modul Ajar Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 Fase D tinggal edit:

  • Modul Ajar Informatika Kelas 8 Semester 1 dan 2 versi pertama klik (Disini)
  • Modul Ajar Informatika Kelas 8 Semester 1 dan 2 versi kedua klik (Disini)
  • Download Buku Informatika Kelas 8 untuk Guru (Disini)
  • Download Buku Informatika Kelas 8 untuk Siswa (Disini)

Butuh Perangkat Ajar Semua Mata Pelajaran Jenjang SMP  klik (Disini)