Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Prakarya Kelas 7 Kurikulum Merdeka


Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP kelas 7 Kurikulum Merdeka meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu peserta didik diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar.

Budidaya adalah kegiatan pemeliharaan dan pengembangan sumber daya hayati yang dilakukan dalam suatu areal lahan untuk diambil manfaat atau hasil panennya. Budidaya dapat dilakukan pada tanaman, hewan, atau mikroorganisme.

Kerajinan adalah kegiatan yang berkaitan dengan pembuatan barang-barang dengan menggunakan keterampilan tangan. Kerajinan dapat menggunakan berbagai bahan, seperti kayu, bambu, logam, tanah liat, dan sebagainya.

Pengolahan adalah kegiatan mengolah suatu bahan menjadi bahan lain yang lebih bermanfaat. Pengolahan dapat dilakukan pada bahan makanan, bahan baku industri, atau bahan limbah.

Rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Rekayasa dapat dilakukan pada berbagai bidang, seperti teknik, informatika, dan desain.

Adapun Link Download Modul Ajar Prakarya Kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 silahkan klik masing-masing di bawah ini:

  • Modul Ajar Prakarya : Budidaya Kelas 7 Kurikulum Merdeka (Disini)
  • Modul Ajar Prakarya : Kerajinan Kelas 7 Kurikulum Merdeka (Disini)
  • Modul Ajar Prakarya : Pengolahan Kelas 7 Kurikulum Merdeka (Disini)
  • Modul Ajar Prakarya : Rekayasa Kelas 7 Kurikulum Merdeka (Disini)