Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Kelas 2 SD Semua Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka


Dalam Kurikulum Merdeka, alat bantu pembelajaran termasuk berbagai sumber yang dimanfaatkan oleh guru guna mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Ini termasuk modul pembelajaran, buku teks, materi video, dan format lainnya. 

Hal ini juga berlaku untuk perangkat ajar kelas 2 SD/MI untuk semua mata pelajaran, yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai capaian pembelajaran dan profil pelajar pancasila sesuai dengan kurikulum merdeka.

Modul Ajar merupakan salah satu komponen dari perangkat pembelajaran ini. Modul Ajar adalah dokumen yang berisi tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, materi pembelajaran yang akan digunakan, dan penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik, sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Minimal, Modul Ajar harus mencakup tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (termasuk media yang digunakan), penilaian, serta sumber informasi dan referensi tambahan yang dapat membantu guru dalam menjalankan proses pembelajaran.

Modul Ajar berperan sebagai panduan yang mencakup tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran, dan penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik, sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul pembelajaran mirip dengan RPP (rencana pembelajaran di kelas), tetapi lebih lengkap, sehingga sering disebut sebagai RPP Plus.

Modul Ajar bermanfaat bagi pendidik dalam beberapa cara:

1. Membimbing pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran.
2. Meningkatkan kelancaran, efisiensi, dan kualitas proses pembelajaran.
3. Berfungsi sebagai referensi yang berguna bagi pendidik saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.
4. Menyediakan kerangka kerja yang menjelaskan prosedur dan organisasi pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran.
5. Mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan dalam mata pelajaran.

Kemampuan untuk mengembangkan modul ajar adalah salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam menjalankan tugasnya. Pengembangan materi pembelajaran ini sangat penting agar proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai oleh siswa.

Berikut Link Download Perangkat Ajar dan Modul Ajar Kelas 2 SD Semua Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka: