Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka


Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka, perangkat ajar digunakan oleh pendidik untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Ini termasuk modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran, dan berbagai alat pembelajaran lainnya.

Untuk mempersiapkan pembelajaran di kelas, seorang guru harus menyusun berbagai perangkat ajar, seperti buku teks, modul ajar, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pemerintah juga menyediakan modul projek sebagai salah satu perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka.

Modul ajar adalah alat pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Modul ini disusun berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan disesuaikan dengan fase perkembangan peserta didik. Guru memiliki kebebasan untuk memilih modul yang sudah ada atau menyusun modul sendiri sesuai dengan karakteristik siswa.

Penyusunan perangkat ajar melibatkan dua langkah utama: penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran, yang mencakup rencana pembelajaran secara logis dan linear, dan pengembangan Modul Ajar, yang dilengkapi dengan materi pembelajaran, aktivitas siswa, dan asesmen untuk memastikan pencapaian tujuan pembelajaran. 

Tujuan utama dari modul ajar adalah membantu guru dalam mengajar dengan metode yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan siswa. Karena perangkat ajar merupakan alat yang sangat penting dalam kurikulum merdeka untuk membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan memenuhi kebutuhan beragam siswa di kelas.

Modul Ajar IPS Kelas 7 adalah sebuah dokumen yang berisi rencana pembelajaran yang disusun oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Modul Ajar IPS Kelas 7 disusun dengan mengacu pada Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan.

Capaian Pembelajaran IPS Fase D 

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan. Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif.

Berikut Link Download Modul Ajar IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka untuk Semester 1 dan 2:

  • Buku Guru IPS Kelas 7 silahkan klik (Disini)
  • Buku Siswa IPS Kelas 7 silahkan klik (Disini)
  • Capaian Pembelajaran dan ATP klik (Disini)
  • Modul Ajar IPS Kelas 7 semester 1 dan 2 klik (Disini)
  • Ringkasan Materi IPS Kelas 7 dan PPT Materi Kelas 7 Kurikulum Merdeka (Disini)

Link Download Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Fase D / Jenjang SMP silahkan klik (Disini)