Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Kelas 1 SD Semua Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka


Perangkat pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka mencakup berbagai materi pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Ini termasuk modul pembelajaran, buku teks, materi video, dan format lainnya. 

Begitu juga untuk perangkat ajar kelas 1 SD/MI untuk semua mata pelajaran harus digunakan pendidik untuk capaian pembelajaran dan profil pelajar pancasila sesuai dengan kurikulum merdeka.

Modul Ajar adalah salah satu komponen dari perangkat pembelajaran ini, yang merupakan dokumen yang berisi tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, bahan-bahan pembelajaran yang akan digunakan, serta evaluasi yang diperlukan untuk satu unit atau topik, sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul Ajar minimal harus mencakup tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (termasuk media yang akan digunakan), evaluasi, serta sumber informasi dan referensi tambahan yang dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Modul Ajar adalah dokumen yang mengandung tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran, serta penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik, sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul pembelajaran memiliki kemiripan dengan RPP atau rencana pembelajaran di kelas, tetapi modul pembelajaran memiliki komponen yang lebih lengkap daripada RPP, sehingga disebut sebagai RPP Plus.

Modul Ajar dapat memberikan manfaat kepada pendidik dengan cara berikut:

  1. Membimbing pendidik dalam menjalankan proses pembelajaran.
  2. Membuat proses pembelajaran menjadi lebih lancar, efisien, dan meningkatkan kualitasnya.
  3. Menjadi referensi yang berguna bagi pendidik saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.
  4. Menyediakan kerangka kerja yang menjelaskan prosedur dan organisasi pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran.
  5. Mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan dalam suatu mata pelajaran.

Salah satu keterampilan yang diperlukan oleh seorang guru dalam menjalankan tugasnya adalah kemampuan untuk mengembangkan materi pembelajaran. Pengembangan materi pembelajaran ini sangat penting agar pembelajaran dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai oleh siswa.

Berikut link download Perangkat Ajar dan Modul Ajar Kelas 1 SD Semua Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka, silakan klik sesuai mata pelajaran masing-masing: