Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka


Kurikulum Merdeka merupakan suatu pendekatan kurikulum yang menekankan pada keberagaman pembelajaran dalam kurikulum sekolah. Dalam kurikulum ini, terdapat fleksibilitas yang diberikan kepada guru untuk memilih berbagai alat bantu pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa, sehingga mereka memiliki waktu yang lebih banyak untuk memahami konsep dan memperkuat kompetensi mereka.

Pencapaian profil pelajar Pancasila dalam proyek ini dikembangkan berdasarkan tema yang telah ditetapkan oleh pemerintah, tetapi proyek tersebut tidak memiliki target khusus untuk pencapaian pembelajaran tertentu. Dengan demikian, proyek ini tidak terikat pada materi pelajaran tertentu.

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian Pembelajaran mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan urutan sistematis dan logis dari tujuan pembelajaran yang disusun dalam satu fase pembelajaran, mengikuti tahapan dari awal hingga akhir fase tersebut. Alur ini bersifat linear dan mencerminkan urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan setiap hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran (CP).

  1. ATP berfungsi sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam mencapai CP pada akhir fase pembelajaran.
  2. Tujuan pembelajaran diatur sesuai dengan urutan kronologis dari waktu ke waktu.
Langkah-langkah dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah sebagai berikut:
  1. Analisis CP mata pelajaran pada fase yang akan dipelajari.
  2. Identifikasi kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada fase tersebut.
  3. Formulasi tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang perlu dicapai, materi yang akan dipelajari, dan jenis keterampilan berpikir yang diperlukan oleh peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  4. Identifikasi elemen dan/atau sub-elemen Profil Pelajar Pancasila yang relevan dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
  5. Setelah tujuan pembelajaran terbentuk, susunlah tujuan-tujuan tersebut secara berurutan sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan setiap harinya.
Modul ajar dalam kurikulum Merdeka disusun berdasarkan Panduan Pembelajaran dan Asesmen, dengan tujuan untuk membimbing pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Komponen dalam modul ajar dapat disesuaikan oleh pendidik sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Secara umum, modul ajar terdiri dari dua komponen utama. Pertama, komponen informasi umum yang mencakup identitas penulis modul, kompetensi awal, profil pelajar Pancasila, sarana dan prasarana, target peserta didik, dan model pembelajaran yang digunakan. 

Kedua, komponen inti modul ajar, yang melibatkan tujuan pembelajaran, asesmen, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, kegiatan pembelajaran, refleksi peserta didik dan pendidik, serta lampiran seperti lembar kerja peserta didik, pengayaan dan remedial, bahan bacaan untuk pendidik dan peserta didik, glossarium, dan daftar pustaka. Modul ajar ini dirancang untuk memberikan panduan yang lengkap bagi pendidik dalam proses pembelajaran yang efektif.

Modul Ajar Sejarah Kelas 11 adalah implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran yang digunakan pendidikan dalam pembelajaran mapel Sejarah. Modul ajar ini disusun secara sistematis dan menarik agar dapat menjadi bahan ajar yang efektif bagi peserta didik.

Berikut Link Download Modul Ajar Sejarah Kelas XI Fase F Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2:

  • Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 11 klik (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Sejarah Kelas 11 klik (Disini)
  • Program Semester (Prosem) Sejarah Kelas 11 klik (Disini)
  • Program Tahunan (Prota) Sejarah Kelas 11 klik (Disini)
  • KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) Sejarah Kelas 11 klik (Disini)
  • Modul Ajar Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 klik (Disini)
  • Buku Sejarah Kurikulum Merdeka Kelas 11 untuk Guru  klik (Disini)
  • Buku Sejarah Kurikulum Merdeka Kelas 11 untuk Siswa klik (Disini)

Download Perangkat Ajar Kelas 11 Semua Mata Pelajaran (Disini)