Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Prakarya Kelas 11 Kurikulum Merdeka


Kurikulum merdeka memberi kebebasan kepada lembaga pendidikan dan pendidik untuk menggali potensi mereka, sambil memberikan fleksibilitas bagi siswa dalam proses belajar yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan mereka. 

Untuk memfasilitasi implementasi Kurikulum ini, penting untuk menyediakan buku teks pelajaran yang cocok dengan isi kurikulum tersebut. Buku-buku ini akan menjadi salah satu alat bantu pembelajaran yang digunakan oleh siswa dan guru.

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi belajar yang harus dikuasai oleh peserta didik selama berbagai tahapan perkembangannya. Capaian Pembelajaran melibatkan serangkaian keterampilan dan materi pembelajaran yang dirangkum secara menyeluruh dalam bentuk cerita atau narasi.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah serangkaian tujuan pembelajaran yang disusun dengan sistematis dan logis selama seluruh fase pembelajaran, mengikuti urutan mulai dari awal hingga akhir fase tersebut.

Modul Ajar merupakan seperangkat alat atau sumber daya yang mencakup media, metode, panduan, dan pedoman yang dirancang dengan cermat dan menarik. Ada empat kriteria yang harus dipenuhi agar modul pembelajaran dianggap baik, yaitu:

  1. Esensial: Modul harus mengandung informasi dan konsep-konsep penting yang relevan dengan topik atau materi yang diajarkan.
  2. Menarik, Bermakna, dan Menantang: Modul harus dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian siswa, memiliki makna dalam konteks pembelajaran, dan menantang siswa untuk berpikir dan belajar secara aktif.
  3. Relevan dan Kontekstual: Modul harus relevan dengan situasi atau konteks pembelajaran yang ada, sehingga siswa dapat mengaitkan materi dengan pengalaman mereka dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Berkesinambungan: Modul sebaiknya dirancang agar terintegrasi dengan baik dalam kurikulum atau materi pembelajaran secara keseluruhan, sehingga siswa dapat membangun pengetahuan dan keterampilan secara berkelanjutan.

Dengan memenuhi keempat kriteria ini, modul pembelajaran dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran yang berarti dan berkelanjutan.

Modul Ajar Prakarya Kelas 11 Kurikulum Merdeka dapat di unduh di bawah ini:

  • Modul Ajar Prakarya : Kerajinan klik (Disini)
  • Modul Ajar Prakarya : Pengolahan klik (Disini)

Download Perangkat Ajar Kelas 11 Semua Mata Pelajaran (Disini)