Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Seni Musik Kelas 11 Kurikulum Merdeka


Seni musik merupakan ekspresi, respon, dan apresiasi manusia terhadap berbagai fenomena kehidupan, baik dari dalam diri maupun dari budaya, sejarah, alam dan lingkungan hidup seseorang, dalam beragam bentuk tata dan olah bunyi-musik. Musik bersifat individu sekaligus universal, mampu menembus sekat-sekat perbedaan, serta menyuarakan isi hati dan buah pikiran manusia yang paling dalam, termasuk yang tidak dapat diwakili oleh bahasa verbal. Musik mendorong manusia untuk merasakan, dan mengekspresikan keindahan melalui penataan bunyi-suara.

Melalui pendidikan seni musik, manusia diajak untuk berpikir dan bekerja   artistik-estetik   secara kreatif,   memiliki   daya   apresiasi, menerima perbedaan, menghargai kebhinekaan global, sejahtera secara utuh  (jasmani,  mental-psikologis,  dan  rohani),  yang  pada  akhirnya akan berdampak terhadap kehidupan manusia (diri sendiri dan orang lain) dan pengembangan pribadi setiap orang dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan (terus menerus).

Adapun Capaian Pembelajaran Seni Musik Kelas 11 adalah: Pada akhir Fase F, peserta didik mampu menyimak dengan baik dan cermat, melibatkan diri secara aktif dan kreatif dalam pengalaman atas bunyi-musik. Peserta didik menunjukkan kepekaannya terhadap unsur-unsur bunyi-musik dan kepekaan serta menunjukan adanya penambahan wawasan atas beragam konteks dari sajian musik seperti: lirik lagu, kegunaan musik yang dimainkan, era, style, kondisi sosial-budaya, ekologis, dan sebagainya. Peserta didik menghasilkan gagasan dan karya musik yang otentik dengan menunjukkan kepekaan terhadap unsur-unsur bunyi-musik dan memperlihatkan pengetahuan dan pemahaman atas keragaman konteks. Peserta didik mampu melibatkan praktik- praktik selain musik (bentuk seni lain, pelibatan dan penggunaan teknologi yang sesuai) baik secara terencana maupun situasional sesuai kaidah tata bunyi/musik.

Dalam Kurikulum Merdeka, Modul Ajar memiliki peranan yang sangat penting karena perangkat ajar ini berperan sebagai petunjuk sekaligus pedoman guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Adapun Link Download Modul Ajar Seni Musik Kelas 11 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 sebagai berikut:

  • Capaian Pembelajaran Seni Musik Kelas 11 (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Seni Musik Kelas 11 (Disini)
  • KKTP Seni Musik Kelas 11 (Disini)
  • Prosem Seni Musik Kelas 11 (Disini)
  • Prota Seni Musik Kelas 11 (Disini)
  • Modul Ajar Seni Musik Kelas 11 semester 1 dan 2 (Disini)
  • Buku Ajar Seni Musik Kelas 11 (Disini)