Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Seni Tari Kelas 11 Kurikulum Merdeka


Seni mengajak manusia untuk mengalami, merasakan dan mengekspresikan keindahan. Melalui pendidikan seni, manusia diajak untuk berpikir dan bekerja secara artistik agar manusiawi, kreatif, memiliki apresiasi estetis, menghargai kebhinekaan global dan sejahtera secara psikologis, sehingga berdampak pada kehidupan dan pembelajaran yang berkesinambungan. 

Untuk itu, pembelajaran seni dapat dilakukan melalui pendekatan belajar dengan seni, belajar tentang seni dan belajar melalui seni. Seni tari dapat membantu peserta didik memiliki kepekaan estetis, mengembangkan sensitivitas, multi kecerdasan, kreativitas, dan nilai- nilai kehidupan, sehingga membentuk karakter serta kepribadian yang positif. 

Pengetahuan, sikap dan keterampilan yang digunakan dalam menanggapi tari dengan memperhatikan budaya dan konteks sosial melalui pengalaman mengalami, menciptakan, refleksi, berpikir, dan bekerja artistik, dan berdampak sesuai elemen pada capaian pembelajaran seni dari berbagai sumber. 

Kegiatan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam tari menggunakan tubuh sebagai media komunikasi yang memperhatikan unsur keindahan sesuai norma yang berlaku di masyarakat setempat. Seni tari juga memberikan kontribusi dalam  perkembangan  keterampilan  abad  21  yang  terkait  dengan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif untuk menjawab tantangan di era global yang mencerminkan profil pelajar pancasila.

Profil  Pelajar  Pancasila  meliputi  1)  beriman  dan  bertakwa  kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia; 2) mandiri; 3) bernalar kritis; 4) kreatif; 5) gotong royong; 6) berkebhinekaan global. Berdasarkan profil pelajar pancasila tersebut, maka belajar dalam dan melalui tari dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang budaya dan konteks yang beragam dan mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan budaya mereka. 

Harapannya peserta didik dapat memahami  dirinya  sendiri  melalui  proses  kreatif  dalam mengembangkan kemampuan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Seni tari merupakan pembelajaran yang berbasis pada kecerdasan kinestetik  dengan  memperhatikan  keindahan  dan  artistik  sesuai dengan norma yang berlaku, untuk itu seni tari sangat erat kaitannya dengan budaya dan pola pikir masyarakat setempat. Melalui seni tari, peserta didik dapat meningkatkan kreativitas, dan apresiasi dalam berkarya seni dan dapat memaknai fenomena kehidupan yang diimplementasikan dalam keseharian.

Modul ajar seni tari kelas 11 adalah seperangkat alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ajar seni tari kelas 11 ini merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran pada mata pelajaran seni tari kelas 11.

Berikut Link Download Modul Ajar Seni Tari Kelas 11 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2:

  • Capaian Pembelajaran Seni Tari Kelas 11 klik (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Seni Tari Kelas 11 klik (Disini)
  • Prosem Seni Tari Kelas 11 klik (Disini)
  • Prota Seni Tari Kelas 11 klik (Disini)
  • KKTP Seni Tari Kelas 11 klik (Disini)
  • Modul Ajar Seni Tari Kelas 11 semester 1 dan 2 klik (Disini)
  • Buku Ajar Seni Tari Kelas 11 klik (Disini)

Download Perangkat Ajar Kelas 11 Semua Mata Pelajaran (Disini)