Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Seni Rupa Kelas 11 Kurikulum Merdeka


Pembelajaran  seni  rupa kelas 11 kurikulum merdeka  bertujuan  menjadi  wahana  yang menyenangkan bagi peserta didik untuk mengalami bagaimana kreativitas dapat membantu meningkatkan kualitas hidupnya. Diharapkan melalui pengalaman belajar yang menyenangkan, relevan dan dekat secara emosional dengan kehidupan peserta didik sehari- hari, Pendidikan Seni Rupa bertujuan menghasilkan peserta didik yang antusias untuk  terus belajar (life long learner), kreatif,  mampu berani mengekspresikan diri, gigih berusaha, reflektif, bernalar kritis, berkontribusi aktif bagi lingkungannya dan selalu membuat keputusan dengan tanggung jawab.

Peserta didik Indonesia yang berkualitas juga mampu percaya diri bekerja efektif dan efisien secara mandiri maupun bekerjasama dengan orang lain tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi, perbedaan suku,  agama,  ras  dan  antargolongan.  

Kesadaran  atas  perbedaan sebagai sebuah kewajaran dalam hidup dan memandangnya sebagai potensi kekuatan merupakan kualitas lainnya yang diharapkan terbentuk dalam diri peserta didik Indonesia. Kemampuan mengapresiasi, peka terhadap keindahan yang ada di sekitar diri, lingkungan  dan  masyarakat  yang  beragam  secara  global  maupun dunia. 

Pembelajaran seni rupa kelas 11 juga dapat mempertajam kemampuan peserta didik Indonesia dalam melihat, mengenal, merasakan, memahami dan mengalami nilai-nilai estetik guna menyampaikan maupun merespon sebuah gagasan atau situasi, melihat dan menciptakan sebuah peluang dan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Oleh karena itu, tujuan dari pembelajaran seni rupa memiliki peran yang sangat penting sebagai pembentuk peserta didik Indonesia sesuai profil pelajar Pancasila (Education through Art).

Adapun capaian pembelajaran seni rupa kelas 11 fase f ini adalah: Pada akhir Fase F (Kelas XI – XII SMA) diharapkan peserta didik mampu melihat keterhubungan dan berkolaborasi dengan bidang keilmuan lain atau masyarakat. Fase F, masuk ke dalam Masa Penentuan (Period of Decision) dimana kepercayaan diri telah tumbuh. Fase ini ditandai dengan kemampuan peserta didik dalam menganalisa  dan  mengevaluasi  sebuah  pesan, gagasan, medium dan  penggunaan  unsur-unsur  rupa  secara  efektif.  Kesadaran peserta didik terhadap keterlibatan seni dalam segala aspek kehidupan diharapkan mulai tumbuh pada fase ini. Di akhir fase F, peserta didik diharapkan memiliki nalar kritis, menghasilkan atau mengembangkan gagasan dalam proses kreatif dalam merespon keterkaitan diri dan lingkungannya secara mandiri dan/atau berkelompok. Dalam proses kreatif tersebut, peserta didik sudah dapat menentukan bahan, alat, teknik, teknologi dan prosedur yang sesuai dengan tujuan karyanya. Peserta didik juga diharapkan sudah dapat bekerja secara produktif, inventif atau inovatif baik secara mandiri maupun berkelompok. Selain itu, peserta didik juga dapat menyampaikan pesan dan gagasan secara lisan dan/atau tertulis tentang karya seni rupa berdasarkan pada pengamatan dan pengalamannya, secara efektif, runut, terperinci dan menggunakan kosa kata seni rupa yang tepat.

Modul Ajar Seni Rupa Kelas 11 merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Seni Rupa pada fase F jenjang SMA Modul ini diharapkan dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran Seni Rupa yang lebih efektif dan efisien."

Adapun Link Download Modul Ajar Seni Rupa Kelas 11 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 sebagai berikut:

  • Capaian Pembelajaran Seni Rupa Kelas 11 (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Seni Rupa Kelas 11 (Disini)
  • KKTP Seni Rupa Kelas 11 (Disini)
  • Prosem Seni Rupa Kelas 11 (Disini)
  • Prota Seni Rupa Kelas 11 (Disini)
  • Modul Ajar Seni Rupa Kelas 11 semester 1 dan 2 (Disini)
  • Buku Ajar Seni Rupa Kelas 11 (Disini)

Download Perangkat Ajar Kelas 11 Semua Mata Pelajaran (Disini)