Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Seni teater Kelas 11 Kurikulum Merdeka


Seni teater merupakan media ekspresi yang kompleks dan menggabungkan berbagai bidang seni, seperti tari, musik, akting, seni rupa, dan multimedia. Teater dapat diajarkan sejak usia dini karena sesuai dengan sifat manusia sebagai homo ludens (manusia bermain). 

Dengan bermain peran, teater dapat membantu peserta didik mengasah daya pikir, mengenali dan mengembangkan potensi diri, serta meningkatkan kepercayaan diri.

Teater juga dapat menjawab potensi manusia sebagai homo socius (makhluk sosial). Teater dapat mengajarkan cara berkomunikasi secara verbal dan nonverbal agar peserta didik dapat berinteraksi dan menyampaikan pesan dengan lebih baik. Kerja teater adalah kerja ansambel, sehingga semua bidang adalah penting dan setiap orang memiliki peran untuk mencapai tujuan bersama.

Manusia sebagai homo creator (makhluk yang mampu berinovasi) dapat diarahkan untuk melihat persoalan di sekitarnya, mencari solusi, dan menggunakan media seni teater untuk berkreasi dan berinovasi. 

Untuk mengasah potensi ini, peserta didik dapat berperan serta dalam proses pembuatan dan persiapan pertunjukan. Seni teater juga dapat mengajarkan empati dan tanggung jawab kepada sesama, serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menggali potensi individu, kerjasama, dan unity menuju kreativitas estetis.

Oleh karena itu, mata pelajaran seni teater dapat membentuk profil Pelajar  Pancasila  dengan  sikap  beriman  dan  bertaqwa  pada  Tuhan Yang Maha Esa, kritis (mengasah daya pikir, memahami persoalan di sekitarnya), mandiri (mengenali dan mengembangkan potensi diri), gotong  royong  (memahami  kerja  ansambel  sehingga  semua  peserta didik memiliki peran untuk mencapai tujuan bersama), kreatif (mencari solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi di lingkungan sekitarnya),   dan   memiliki   sikap   hormat   dan   toleransi   pada kebhinekaan sebagai bagian dari masyarakat global.

Modul ajar merupakan sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik dalam mempersiapkan pembelajaran. Modul ajar ini merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.

Adapun Link Download Modul Ajar Seni Teater Kelas 11 Kurikulum Merdeka untuk Semester 1 dan 2 ada di bawah ini:

  • Capaian Pembelajaran Seni Teater Kelas 11 klik (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Seni Teater Kelas 11 klik (Disini)
  • Prosem Seni Teater Kelas 11 klik (Disini)
  • Prota Seni Teater Kelas 11 klik (Disini)
  • KKTP Seni Teater Kelas 11 klik (Disini)
  • Modul Ajar Seni Teater Kelas 11 klik (Disini)
  • Buku Ajar Seni Teater Kelas 11 Kurikulum Merdeka klik (Disini)

Download Perangkat Ajar Kelas 11 Semua Mata Pelajaran (Disini)