Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar

Perangkat ajar adalah seperangkat alat bantu pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perangkat ajar dapat berupa modul ajar, buku ajar, materi ajar, video pembelajaran, dan berbagai format lainnya. Dalam Kurikulum Merdeka, perangkat ajar memiliki tujuan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP) sesuai Fase Peserta Didik.

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik pada berbagai tahapan perkembangan mereka. CP mencakup beragam kompetensi dan materi pembelajaran yang tersusun secara menyeluruh dalam bentuk narasi.

Alur Tujuan Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. ATP dibentuk secara linear, mengikuti aliran tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap tahap fase, dengan tujuan akhirnya mencapai CP di akhir fase tersebut.

Modul Ajar

Modul Ajar adalah salah satu elemen penting dalam perangkat pembelajaran. Modul Ajar adalah sebuah dokumen yang berisi informasi tentang tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, materi pembelajaran yang akan digunakan, dan penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik, sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Minimal, Modul Ajar harus mencakup tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, termasuk jenis media yang digunakan, metode penilaian, serta sumber informasi dan referensi tambahan yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran.

Modul Ajar berfungsi sebagai panduan yang mencakup tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran, dan penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik pembelajaran sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul pembelajaran serupa dengan RPP (rencana pembelajaran di kelas), tetapi lebih komprehensif, sehingga sering disebut sebagai RPP Plus. Salah satu manfaat utama dari penggunaan Modul Ajar adalah membantu mengarahkan proses pembelajaran, mendukung pendidik dalam mencapai CP (Capaian Pembelajaran), dan menyediakan alat evaluasi pembelajaran.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka 

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka adalah dokumen yang berisi informasi tentang tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, materi pembelajaran yang akan digunakan, dan penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia kelas 4.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka disusun untuk membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 yang sesuai dengan CP dan ATP. Modul Ajar ini juga dapat digunakan untuk membantu peserta didik mencapai Profil Pelajar Pancasila. Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka dapat digunakan oleh guru secara mandiri atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran di kelas.

Berikut link download Perangkat Ajar dan Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2:

  • Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 (Disini)
  • Prosem Bahasa Indonesia Kelas 4 (Disini)
  • Prota Bahasa Indonesia Kelas 4 (Disini)
  • Jurnal Harian Kelas 4 Fase B klik (Disini)
  • Aplikasi Penilaian Kelas 4 Fase B (Disini)
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka (Disini)
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka (Disini)

Butuh Perangkat Ajar Semua Mata Pelajaran Kelas 4 klik (Disini)