Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 4 Kurikulum Merdeka


Definisi Perangkat Ajar

Perangkat ajar dalam konteks kurikulum merdeka adalah sekelompok alat bantu yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mencerminkan profil pelajar sesuai dengan kurikulum merdeka di berbagai fase (Fase A hingga Fase F). 

Perangkat ajar ini dapat berupa berbagai jenis materi, seperti modul ajar, buku ajar, materi pembelajaran, video pembelajaran, dan format lainnya. Dalam kurikulum merdeka, perangkat ajar bertujuan untuk mencapai profil pelajar Pancasila dan capaian pembelajaran (CP) yang sesuai dengan fase peserta didik.

Definisi Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran, disingkat sebagai CP dalam kurikulum merdeka, adalah kemampuan yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam berbagai tahapan perkembangan mereka. Ini mencakup berbagai kompetensi dan materi pembelajaran yang tersusun secara komprehensif dalam setiap fase mata pelajaran dalam bentuk narasi.

Definisi Alur Tujuan Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam kurikulum merdeka adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara terstruktur dan logis selama seluruh fase pembelajaran, yang mengikuti urutan pembelajaran dari awal hingga akhir fase tersebut. ATP dirancang secara berurutan, mengikuti serangkaian tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap tahap fase, dengan tujuan akhir mencapai CP pada akhir fase tersebut.

Definisi Modul Ajar

Modul Ajar adalah komponen penting dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. Modul Ajar adalah sekumpulan dokumen yang berisi informasi mengenai identitas, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, materi pembelajaran yang akan digunakan, serta penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik, sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul Ajar minimalnya harus mencakup tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, jenis media yang digunakan, metode penilaian, serta sumber informasi dan referensi tambahan yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran.

Modul Ajar ini berfungsi sebagai panduan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yang mencakup tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran, dan penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik pembelajaran sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul Ajar ini memiliki kesamaan dengan RPP (rencana pembelajaran di kelas), tetapi lebih komprehensif, sehingga Modul Ajar dapat disebut sebagai RPP yang lebih lengkap. Salah satu manfaat utama dari penggunaan Modul Ajar adalah membantu mengarahkan proses pembelajaran, mendukung pendidik dalam mencapai CP (Capaian Pembelajaran), dan menyediakan alat evaluasi pembelajaran.

Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 4 adalah komponen pembelajaran yang berisi informasi tentang identitas, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, materi pembelajaran yang akan digunakan, dan penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 4. 

Modul Ajar ini dirancang untuk membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang berlaku untuk kelas 4 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 di dalam kurikulum merdeka.

Berikut Link Download Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 4 Kurikulum Merdeka:

  • Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 (Disini)
  • Prosem Matematika Kelas 4 (Disini)
  • Prota Matematika Kelas 4 (Disini)
  • Jurnal Harian Kelas 4 Fase B klik (Disini)
  • Aplikasi Penilaian Kelas 4 Fase B (Disini)
  • Modul Ajar Matematika Kelas 4 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka (Disini)

Butuh Perangkat Ajar Semua Mata Pelajaran Kelas 4 klik (Disini)