Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Definisi Perangkat Ajar

Perangkat ajar kurikulum merdeka adalah seperangkat alat bantu dalam pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk capaian pembelajaran dan profil pelajar pancasila sesuai kurikulum merdeka setiap masing-masing Fase. Perangkat ajar ini dapat berupa modul ajar, buku ajar, materi ajar, video pembelajaran, dan berbagai format lainnya. Dalam Kurikulum Merdeka, perangkat ajar memiliki tujuan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP) sesuai Fase Peserta Didik.

Definisi Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran atau disingkat dengan CP dalam kurikulum merdeka merupakan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik pada berbagai tahapan perkembangan mereka. CP ini mencakup beragam kompetensi dan materi pembelajaran yang tersusun secara menyeluruh setiap fase dari masing-masing mata pelajaran yang disajikan dalam bentuk narasi.

Definisi Alur Tujuan Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam kurikulum merdeka merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. ATP ini didesain secara linear, mengikuti aliran tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap tahap fase, dengan tujuan akhirnya mencapai CP di akhir fase tersebut.

Definisi Modul Ajar

Modul Ajar merupakan bagian penting dalam perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. Modul Ajar merupakan seperangkat dokumen yang berisi informasi tentang identitas, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, materi pembelajaran yang akan digunakan, dan penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik, sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul Ajar ini minimal harus mencakup tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, termasuk jenis media yang digunakan, metode penilaian, serta sumber informasi dan referensi tambahan yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran.

Dan modul ajar ini berfungsi sebagai panduan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajarab yang mencakup tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran, dan penilaian yang diperlukan untuk satu unit atau topik pembelajaran sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul Ajar ini serupa dengan RPP (rencana pembelajaran di kelas), tetapi lebih komprehensif, sehingga modul ajar ini bisa disebut sebagai RPP Plus. Karena salah satu manfaat utama dari penggunaan Modul Ajar adalah membantu mengarahkan proses pembelajaran, mendukung pendidik dalam mencapai CP (Capaian Pembelajaran), dan menyediakan alat evaluasi pembelajaran.

Modul Ajar Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka 

Modul Ajar Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka adalah seperangkat dokumen yang berisi informasi atau identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, model pembelajaran, target peserta didik, langkah-langkah pembelajaran, materi pembelajaran yang akan digunakan, hingga asesmen yang diperlukan untuk satu unit atau topik pembelajaran Matematika kelas 4 sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika kelas 4.

Modul Ajar Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka ini disusun untuk memandu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran Matematika kelas 4 yang sesuai dengan CP dan ATP serta Profil Pelajar Pancasila. Modul Ajar ini juga dapat digunakan oleh guru untuk membantu peserta didik mencapai Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila. 

Berikut link download Perangkat Ajar dan Modul Ajar Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2:

  • Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 4 (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 4 (Disini)
  • Prosem Matematika Kelas 4 (Disini)
  • Prota Matematika Kelas 4 (Disini)
  • Jurnal Harian Kelas 4 Fase B klik (Disini)
  • Aplikasi Penilaian Kelas 4 Fase B (Disini)
  • Modul Ajar Matematika Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka (Disini)
  • Modul Ajar Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka (Disini)

Butuh Perangkat Ajar Semua Mata Pelajaran Kelas 4 klik (Disini)