Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka


Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti secara bertahap dan holistik diarahkan untuk menyiapkan peserta didik agar mantap secara spiritual, berakhlak mulia, dan memiliki pemahaman akan dasar-dasar agama Islam serta cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti secara umum harus mengarahkan peserta didik kepada (1) kecenderungan kepada kebaikan (al-ḥanīfiyyah), (2) sikap memperkenankan (al-samḥah), (3) akhlak mulia (makārim al-akhlāq), dan (4) kasih sayang untuk alam semesta (raḥmat li al-ālamīn). 

Dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dasar-dasar tersebut kemudian diterapkan oleh peserta didik dalam beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., menjaga diri, peduli atas kemanusiaan dan lingkungan alam. Deskripsi dari penerapan ini akan tampak dalam beberapa elemen Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terutama dalam akhlak pribadi dan sosial, akidah, syari’at dan sejarah peradaban Islam.

Capaian Pembelajaran  Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Pada akhir Fase B Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, peserta didik memperoleh sejumlah pencapaian yang signifikan dalam berbagai elemen pembelajaran. 

Dalam Al-Qur'an dan Hadis, mereka mampu membaca surah-surah pendek dan ayat-ayat Al-Qur'an dengan pemahaman yang baik, serta mengenal hadis-hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan sosial. Di bidang akidah, peserta didik memahami sifat-sifat Allah, beberapa asmaulhusna, kitab-kitab suci, para nabi, dan rasul Allah yang wajib diimani. 

Pada aspek akhlak, mereka belajar menghormati orang tua dan guru, serta menggunakan kalimah ṫayyibah dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga memahami pentingnya persatuan, musyawarah, dan menghargai keragaman sebagai sunnatullah. Di fikih, peserta didik dapat melaksanakan puasa, salat Jumat, dan salat sunah dengan baik, serta memahami konsep baligh dan tanggung jawabnya. 

Dalam pemahaman sejarah, mereka mampu menceritakan peristiwa penting dalam sejarah awal Islam, termasuk kehidupan Nabi Muhammad SAW, berdakwah, hijrah, dan pembangunan Kota Madinah. Semua pencapaian ini mencerminkan perkembangan holistik peserta didik dalam pemahaman agama, etika, dan sejarah Islam.

Perangkat Ajar  Modul Ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Jadi Perangkat Ajar  Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka adalah berbagai bahan ajar, termasuk modul ajar, buku ajar, media dan komponen lainnya yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP)

Modul Ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 adalah sebuah dokumen penting yang berisi informasi terkait identitas pembelajaran, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, materi pembelajaran yang akan digunakan, jenis media yang digunakan, metode penilaian, serta sumber informasi dan referensi tambahan yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. 

Modul Modul Ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka ini dirancang sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan bertujuan sebagai panduan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di tingkat kelas 4, mencakup semua aspek yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum Merdeka.

Untuk mendownload Modul Ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, silakan klik di bawah ini:

  • Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 (Disini)
  • Prosem Matematika Kelas 4 (Disini)
  • Prota Matematika Kelas 4 (Disini)
  • Jurnal Harian Kelas 4 Fase B klik (Disini)
  • Aplikasi Penilaian Kelas 4 Fase B (Disini)
  • Modul Ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 Semester 1 (Disini)
  • Modul Ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas 4 Semester 2 (Disini)

Butuh Perangkat Ajar Semua Mata Pelajaran Kelas 4 klik (Disini)