Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Reflektif Materi Pembelajaran Sosial Emosional: Apa Dan Bagaimana Menerapkannya?

Gambar Jurnal Modul 1

Pertanyaan Refleksi

Sekarang, kami ingin Bapak/Ibu menceritakan pengalaman saat berlatih salah satu keterampilan sosial emosional. Apa yang Bapak/Ibu rasakan saat melakukan latihan tersebut? Pikirkan strategi dalam mengimplementasi PSE ke dalam pembelajaran di kelas. Seperti apakah praktek pembukaan pembelajaran yang hangat, kegiatan belajar yang menantang dan berpusat kepada peserta didik, dan penutupan yang optimistik terlihat?

Jawaban 1:

Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) adalah pendekatan holistik yang melibatkan seluruh komunitas sekolah. Kolaborasi aktif antar siswa, guru, dan staf menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan sosial-emosional. Empat strategi utama PSE meliputi pengajaran langsung keterampilan sosial, integrasi ke pembelajaran, penyesuaian kebijakan sekolah, dan membentuk pola pikir positif siswa.

Jawaban 2:

PSE bertujuan mengembangkan keterampilan sosial-emosional seperti kesadaran diri dan empati. Dengan integrasi ke dalam pembelajaran dan lingkungan sekolah, strategi ini mendukung komunitas belajar yang harmonis.

Jawaban 3:

Melalui strategi PSE, siswa belajar memahami emosi, berinteraksi, dan mengambil keputusan bijak. Praktik ini memperkuat hubungan antaranggota sekolah dan menciptakan suasana belajar positif.

Jawaban 4:

Saat bermain peran dalam latihan empati, saya merasakan pentingnya memahami emosi siswa. Saya menerapkan pembukaan hangat dengan pertanyaan reflektif, kegiatan belajar berpusat peserta didik, dan penutupan optimistik melalui refleksi bersama.

Jawaban 5:

Latihan empati melalui role-playing membantu saya memahami perspektif siswa. Saya mengimplementasikan PSE dengan ice breaking, diskusi kelompok, serta refleksi akhir untuk meningkatkan keterlibatan emosional dan akademik.

Jawaban 6:

Saya melatih kesabaran saat menghadapi siswa yang kesulitan belajar. Pembelajaran saya mulai dengan mindfulness, diikuti kegiatan kolaboratif, dan ditutup dengan refleksi serta apresiasi untuk menumbuhkan semangat belajar.