Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Matematika Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2


Matematika merupakan disiplin ilmu yang melibatkan pemikiran logis dan memiliki peran penting dalam berbagai bidang pengetahuan serta dalam kemajuan teknologi modern. Matematika tidak hanya dipandang sebagai materi pembelajaran yang harus dipahami, tetapi juga sebagai alat konseptual yang digunakan untuk membangun dan mengurai materi tersebut. 

Selain itu, matematika juga membantu melatih kemampuan berpikir yang diperlukan untuk mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik, termasuk kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. 

Kemampuan ini sangat penting agar peserta didik mampu mengakses, mengelola, dan menggunakan informasi dalam menghadapi situasi yang selalu berubah, penuh ketidakpastian, dan kompetitif. Mata pelajaran Matematika memberikan peserta didik keterampilan berpikir, berargumen, dan berlogika melalui berbagai kegiatan mental yang membentuk pola berpikir yang berkesinambungan. 

Hasilnya adalah pemahaman yang mendalam terhadap berbagai aspek matematika, seperti fakta, konsep, prinsip, operasi, relasi, masalah, dan solusi matematis yang bersifat umum dan formal.

Seorang guru harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan materi ajar sebagai bagian dari tugasnya. Pengembangan materi ajar ini sangat penting agar proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan tujuan kompetensi yang ingin dicapai.

Modul ajar adalah salah satu instrumen pembelajaran yang berisi tujuan, langkah-langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang diperlukan dalam satu unit atau topik pembelajaran sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). 

Modul ajar minimal mengandung tujuan pembelajaran, panduan langkah-langkah pembelajaran (termasuk penggunaan media pembelajaran), penilaian, serta sumber informasi dan referensi yang dapat mendukung guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Modul ajar matematika kelas 1 ini merupakan perangkat ajar yang berperan penting bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran pada kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajara matematika di Fase A.

Berikut Tautan Modul Ajar Matematika Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2:

  • Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 1 (Disini).
  • Alur Tujuan Pembelajaran Matematika Kelas 1 (Disini).
  • Prosem Matematika Kelas 1 klik (Disini).
  • Prota Matematika Kelas 1 klik (Disini).
  • Modul Ajar Matematika Kelas 1 Semester 1 (Disini).
  • Modul Ajar Matematika Kelas 1 Semester 2 (Disini).
  • Aplikasi Penilaian IKM (Disini)
  • Jurnal Harian Kelas 1 (Disini)
Perangkat Ajar SD / MI Kelas 1 Semua Mata Pelajaran download (Disini).