Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Perangkat pembelajaran adalah berbagai elemen, termasuk bahan ajar, alat, media, petunjuk, dan panduan yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Ini merupakan sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

Dalam Kurikulum Merdeka, perangkat ajar merujuk pada berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). 

Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah-langkah pembelajaran, media yang digunakan, serta penilaian yang diperlukan untuk suatu unit atau topik, yang berdasarkan pada Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul ajar mirip dengan RPP atau lesson plan yang berisi rencana pembelajaran di kelas. Namun, modul ajar memiliki komponen yang lebih lengkap daripada RPP, sehingga disebut sebagai RPP Plus. Modul ajar memiliki peran penting dalam membantu pendidik:

  1. Memandu pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran.
  2. Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
  3. Menjadi referensi bagi pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
  4. Menyediakan kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan organisasi pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran.
  5. Mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan dalam mata pelajaran tertentu.

Acuan yang digunakan dalam modul ajar adalah Capaian Pembelajaran yang sesuai dengan fase yang dijelaskan dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul ajar Bahasa Inggris untuk kelas 1 memiliki peran penting dalam membantu pendidik dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa kelas 1. Modul tersebut mencakup berbagai komponen yang lebih lengkap daripada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan disebut sebagai "RPP Plus." 

Adapun link download Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka ada di bawah ini:

  • Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 (Disini).
  • Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 (Disini).
  • Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1 (Disini).
  • Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 semester 2 (Disini).

Perangkat Ajar SD / MI Kelas 1 Semua Mata Pelajaran download (Disini).