Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2


Pendidikan Pancasila adalah sebuah materi atau panduan pembelajaran yang dirancang khusus untuk siswa kelas 1 dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Mata pelajaran ini ini memiliki tujuan utama untuk membantu siswa memahami dan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila, memahami dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa Indonesia, serta mengembangkan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Dalam mapel ini, siswa akan diajarkan tentang pentingnya berakhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mereka juga akan memahami makna dan nilai-nilai Pancasila, serta bagaimana nilai-nilai ini menjadi dasar negara Indonesia. 

Selain itu, siswa akan diajarkan untuk menganalisis konstitusi dan norma yang berlaku, serta memahami hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tujuan dari mata pelajaran Pendidikan Pancasila ini adalah untuk membentuk siswa menjadi warga negara yang cerdas, berakhlak mulia, memiliki rasa kebangsaan, cinta tanah air, serta mampu bersikap adil dan tidak membeda-bedakan jenis kelamin, SARA (Suku Agama, Ras, Antargolongan), status sosial-ekonomi, dan penyandang disabilitas. Selain itu, siswa juga diajarkan tentang karakteristik bangsa Indonesia dan kearifan lokal masyarakat sekitarnya.

Pendidikan Pancasila Kelas 1 merupakan salah satu wahana penting dalam sistem pendidikan untuk memastikan bahwa siswa memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka. Melalui modul ini, diharapkan siswa dapat menjadi warga negara yang demokratis, bertanggung jawab, dan berkontribusi dalam membangun peradaban bangsa Indonesia.

Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 1 merupakan perangkat ajar yang berperan penting bagi pendidik dalam merencanakan pembelajaran Pendidikan Pancasila sesuai dengan kurikulum merdeka di fase A.

Untuk mendownload Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 silakan klik di bawah ini:

  • Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 1 (Disini)
  • Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 1 Semester 1 dan 2 (Disini)
  • Prosem Kelas 1 klik (Disini).
  • Prota Kelas 1 klik (Disini).
  • Aplikasi Penilaian IKM (Disini)
  • Jurnal Harian Kelas 1 (Disini)
Perangkat Ajar SD / MI Kelas 1 Semua Mata Pelajaran download (Disini).