Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 2 Kurikulum Merdeka


Mata pelajaran Pendidikan Pancasila memiliki rasional yang kuat dalam sistem pendidikan Indonesia. Pendidikan adalah kunci untuk membentuk warga negara yang beriman, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, dan bertanggung jawab, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa Indonesia, memegang peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku warga negara. Tujuan mata pelajaran ini adalah untuk membentuk warga negara yang memiliki karakter, memahami makna dan nilai-nilai Pancasila, serta dapat berkontribusi aktif dalam membangun bangsa dan negara.

Pendidikan Pancasila mencakup empat elemen kunci, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini memberikan landasan filosofis bagi pengembangan aturan di negara Indonesia. 

Karakteristik pendidikan Pancasila termasuk mengembangkan karakter peserta didik, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan cinta tanah air, dan pembentukan pemimpin masa depan yang amanah, jujur, cerdas, dan bertanggung jawab.

Dalam fase awal pendidikan Pancasila, peserta didik diajarkan mengenali simbol dan sila-sila Pancasila, menjaga lingkungan, dan memahami identitas diri serta kerja sama dalam keberagaman. Tujuan akhirnya adalah membentuk warga negara yang memiliki kesadaran akan nilai-nilai Pancasila, mampu mematuhi aturan, menghargai perbedaan, menjaga lingkungan, dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Pendidikan Pancasila Kelas 2 Jenjang SD atau MI ini memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter dan kebangsaan warga negara Indonesia, dengan harapan dapat mencapai cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dalam Kurikulum Merdeka, guru dituntut untuk membuat perencanaan pembelajaran yang sistematis dan menarik untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan. Perencanaan ini disebut dengan modul ajar. Modul ajar berisi materi, metode pembelajaran, batasan-batasan, serta cara evaluasi kegiatan pembelajaran.

Modul ajar disusun berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasarannya. Satuan pendidikan diberikan keleluasaan dalam mengembangkan modul ajar sesuai dengan kemampuan dan kemauan guru, tenaga kependidikan, dan satuan pendidikan.

Modul ajar Pendidikan Pancasila untuk kelas 2 SD atau MI dalam kurikulum Merdeka adalah suatu alat atau sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Modul ajar ini telah dirancang secara sistematis dan variatif untuk membantu siswa memahami dan belajar tentang nilai-nilai Pancasila serta mengembangkan pemahaman dan karakter mereka seiring dengan perkembangan usia. 

Modul ajar Pendidikan Pancasila Kelas 2 SD atau MI ini melibatkan berbagai komponen pembelajaran seperti materi/konten pembelajaran, metode pembelajaran, interpretasi, dan teknik pengevaluasian, yang disusun dengan cermat dan menarik agar dapat mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dalam kurikulum Merdeka.

Dengan menggunakan modul ajar ini, siswa kelas 2 SD atau MI diharapkan dapat lebih efektif memahami konsep-konsep Pancasila, mempraktikkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dan mengembangkan pemahaman yang sesuai dengan tingkat perkembangan mereka. 

Modul ajar Pendidikan Pancasila Kelas 2 Sd / MI  ini memberikan kerangka kerja yang terstruktur dan bervariasi untuk guru dalam mengajar Pendidikan Pancasila kepada siswa kelas 2, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih terarah dan efisien sesuai dengan kurikulum Merdeka yang diimplementasikan.

Berikut link download Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 2 Kurikulum Merdeka:

  • Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 2 (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 2 (Disini)
  • Prosem Pendidikan Pancasila Kelas 2 (Disini)
  • Prota Pendidikan Pancasila Kelas 2 (Disini)
  • Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 2 (Disini)
Untuk Perangkat Ajar Kelas 2 Seluruh Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka download (Disini).