Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Semua Jenjang


Perangkat pembelajaran
 merupakan sejumlah atau seperangkat bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Artinya perangkat pembelajaran adalah sekumpulan media atau sarana yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam melakukan upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP) pada Kurikulum Merdeka. Perangkat ajar yang dimaksud ini meliputi modul ajar, buku teks pelajaran, modul projek, video pembelajaran serta bentuk media lainnya yang mendukung proses pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP).

Maka, perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan seorang pendidik dalam implementasi kurikulum merdeka antara lain adalah buku ajar, modul ajar, dan modul projek. Semua ini bisa diunduh oleh pendidik menggunakan akun belajar.id masing-masing melalui laman PMM atau Platform Merdeka Mengajar. 

Buku Teks

Buku Teks adalah jenis materi pengajaran yang berisi pengetahuan tentang mata pelajaran tertentu. Buku ini adalah standar dan disusun berdasarkan bidang ilmu khusus. Pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi bertanggung jawab atas ketersediaan buku teks pelajaran yang baik, ekonomis, dan merata. Buku teks terdiri dari buku utama yang digunakan dalam kurikulum yang berlaku dan diberikan secara gratis oleh Kemdikbudristek melalui laman https://buku.kemdikbud.go.id/. 

Selama pembelajaran, ada buku peserta didik dan buku panduan guru. Buku peserta didik adalah panduan bagi siswa, sementara buku panduan guru membantu pendidik dalam proses pembelajaran. Buku utama yang fleksibel dan sesuai konteks dapat berbentuk cetak atau digital dan dapat dipecah menjadi modul. Evaluasi berkala dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas buku teks.

Modul Ajar

Modul Ajar adalah salah satu alat pengajaran yang membantu guru dalam pembelajaran untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran. Modul ini merinci Tujuan Pembelajaran dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. 

Guru memiliki fleksibilitas dalam memilih atau mengubah modul yang telah disediakan oleh Pemerintah sesuai dengan siswa atau membuat modul mereka sendiri. Modul ini harus memenuhi kriteria yang ditetapkan dan sesuai dengan prinsip pembelajaran dan asesmen.

Modul Projek

Modul Projek adalah alat pengajaran yang dikembangkan untuk membimbing siswa dalam melaksanakan proyek yang memperkuat Profil Pelajar Pancasila. Modul ini mencakup perencanaan pembelajaran berbasis proyek. Modul projek disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa, tema dan topik proyek, serta berdasarkan dimensi, elemen, dan sub-elemen Profil Pelajar Pancasila. 

Sekolah dan guru memiliki kebebasan dalam memilih atau mengubah modul projek yang sudah disediakan oleh Pemerintah atau membuat modul mereka sendiri. Modul projek harus memenuhi kriteria yang ditetapkan dan sesuai dengan prinsip pembelajaran dan asesmen.

Berikut Link Download Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Semua Jenjang:

  1. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD/MI Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  2. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 2 SD/MI Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  3. Perangkat Ajar Kelas 3 SD/MI Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  4. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD/MI Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  5. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD/MI Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  6. Perangkat Ajar Kelas 6 SD/MI Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  7. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP/MTs Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  8. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 8 SMP/MTs Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  9. Perangkat Ajar Kelas 9 SMP/MTs Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  10. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/MA Semua Mata Pelajaran download (Disini)
  11. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 11 SMA/MA Semua Mata Pelajaran download (Disini)