Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar PJOK Kelas 2 Kurikulum Merdeka


Modul Ajar
adalah sebuah perangkat pembelajaran yang lebih komprehensif daripada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam Modul Ajar, satuan pendidikan memiliki fleksibilitas untuk menggunakan berbagai komponen dan format sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Modul Ajar merupakan sebuah perencanaan pembelajaran berdasarkan konsep pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan dengan dasar dimensi, elemen, dan sub-elemen Profil Pelajar Pancasila.

Tujuan dari pengembangan Modul Ajar adalah untuk menyediakan panduan pembelajaran kepada guru. Dalam penggunaannya, guru memiliki pilihan untuk:

  1. Memilih atau menyesuaikan Modul Ajar yang telah disediakan oleh pemerintah agar sesuai dengan karakteristik murid, atau
  2. Membuat Modul Ajar sendiri yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Kriteria yang harus dimiliki oleh Modul Ajar mencakup:

  • Esensial: Mendorong pemahaman konsep dalam setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan pendekatan lintas disiplin.
  • Menarik, bermakna, dan menantang: Memotivasi minat belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, dengan mengaitkannya dengan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya, sehingga tidak terlalu rumit atau terlalu mudah untuk usia mereka.
  • Relevan dan kontekstual: Berkaitan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki peserta didik sebelumnya, serta sesuai dengan konteks waktu dan lingkungan mereka.
  • Berkesinambungan: Menyusun urutan kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase perkembangan peserta didik.

Komponen Modul Ajar atau RPP Kurikulum Merdeka terdiri dari tiga bagian utama: Informasi Umum, Komponen Inti, dan Lampiran. Bagian Informasi Umum mencakup identitas penulis modul, sarana dan prasarana, sasaran peserta didik, serta relevansi tema dan topik projek untuk satuan pendidikan. 

Bagian Komponen Inti mencakup deskripsi singkat projek, dimensi dan subelemen yang terkait dengan Profil Pelajar Pancasila, tujuan spesifik untuk fase tersebut, alur kegiatan projek, asesmen, pertanyaan pemantik, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik dan pendidik. 

Bagian Lampiran mencakup lembar kerja peserta didik, bahan bacaan untuk pendidik dan peserta didik, glosarium, dan daftar pustaka.

Dalam penyusunan Modul Ajar, pendidik di satuan pendidikan memiliki kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul projek sesuai dengan konteks lingkungan, visi satuan pendidikan, kesiapan satuan pendidikan, dan kebutuhan belajar peserta didik karena modul ini bersifat fleksibel.

Berdasarkan uraian yang diberikan, Modul Ajar PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) untuk kelas 2 merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang menyediakan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk mata pelajaran PJOK kelas 2. 

Modul ini akan mencakup informasi umum, seperti identitas penulis modul, sarana dan prasarana, sasaran peserta didik, serta relevansi tema dan topik projek untuk satuan pendidikan. Selain itu, komponen inti akan mencakup deskripsi singkat projek yang berkaitan dengan PJOK kelas 2, tujuan spesifik untuk fase tersebut, alur kegiatan projek, asesmen, pertanyaan pemantik, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik dan pendidik. 

Berikut Link Download Modul Ajar PJOK Kelas 2 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2: 

  • CP dan ATP PJOK Kelas 2 Kurikulum Merdeka (Disini)
  • Modul Ajar PJOK Kelas 2 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 (Disini).

Untuk Perangkat Ajar Kelas 2 Seluruh Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka download (Disini).