Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pengisian Form Observasi Kinerja Guru Pada Pengisian Pengelolaan Kinerja di PMM 2024


Form observasi kinerja guru adalah sebuah instrumen yang digunakan untuk menilai kinerja guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Observasi kinerja guru dapat dilakukan oleh kepala sekolah, pengawas sekolah, atau sesama guru. 

Rubrik observasi berisi indikator-indikator yang digunakan untuk menilai kinerja guru. Indikator-indikator tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan aspek-aspek kinerja guru, seperti:

  • Rencana Hasil Kerja
  • Fokus Perilaku
  • Upaya Mempelajari
  • Rencana Observasi Kinerja
  • Pelajaran, Kelas, Hari,Tanggal,Waktu,Perangkat Ajar
  • Lainnya

Catatan observasi berisi catatan-catatan yang dibuat oleh observer selama observasi berlangsung. Catatan observasi dapat berupa hal-hal yang positif dan hal-hal yang perlu ditingkatkan dari kinerja guru.

Kesimpulan observasi berisi rangkuman dari hasil observasi. Kesimpulan observasi dapat berupa penilaian terhadap kinerja guru secara keseluruhan.

Tindak lanjut berisi saran-saran yang diberikan kepada guru berdasarkan hasil observasi. Tindak lanjut dapat berupa hal-hal yang perlu dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kinerjanya.

Observasi kinerja guru merupakan salah satu instrumen penting untuk menilai kinerja guru. Melalui observasi kinerja guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, atau sesama guru dapat memberikan umpan balik kepada guru untuk meningkatkan kinerjanya.

Form Observasi Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah 

Sebagai bukti dukung dan laporan untuk observasi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk melakukan observasi kepada guru-guru, maka harus menggunakan form observasi kinerja guru. Contoh Pengisian Form Observasi Kinerja Guru Pada Pengisian Pengelolaan Kinerja PMM 2024 dapat diunduh (Disini). Atau format word silakan klik (Disini).