Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Laporan Bendahara Sekolah untuk Bukti Dukung Pengelolaan Kinerja PMM


Bendahara Sekolah mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah yang meliputi Kegiatan sebagai berikut :

  • Menerima Dana Rutin sekolah yang diajukan oleh Kepala Sekolah. Dana rutin sekolah adalah dana yang diterima sekolah secara rutin dari pemerintah, misalnya dana BOS, dana bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan (BOP), atau dana lain yang bersifat rutin. Bendahara sekolah bertanggung jawab untuk menerima dana ini dan menyimpannya dengan aman.
  • Menyimpan Keuangan Sekolah di Rekening Sekolah. Bendahara sekolah bertanggung jawab untuk menyimpan keuangan sekolah di rekening sekolah. Rekening sekolah ini biasanya dibuka di bank umum.
  • Mengeluarkan/membayar harus berdasarkan persetujuan/diketahui Kepala Sekolah. Bendahara sekolah tidak dapat mengeluarkan atau membayar uang sekolah tanpa persetujuan atau sepengetahuan kepala sekolah.
  • Membayar Gaji guru dan staf setiap bulan serta honor dan transport kegiatan tambahan. Bendahara sekolah bertanggung jawab untuk membayar gaji guru dan staf setiap bulan, serta honor dan transport kegiatan tambahan.
  • Menyetor/membayar Pajak (PPN dan PPh) yang menjadi kewajiban. Bendahara sekolah bertanggung jawab untuk menyetor atau membayar pajak yang menjadi kewajiban sekolah, misalnya pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penghasilan (PPh).
  • Menutup Buku Kas Umum (BKU) setiap Akhir bulan diketahui Kepala Sekolah. Bendahara sekolah bertanggung jawab untuk menutup buku kas umum (BKU) setiap akhir bulan. BKU adalah buku catatan keuangan yang digunakan untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran sekolah.
  • Menyusun / membuat Laporan Pertanggungjawaban (SPJ) setiap akhir bulan dengan diketahui Kepala Sekolah. Bendahara sekolah bertanggung jawab untuk menyusun atau membuat laporan pertanggungjawaban (SPJ) setiap akhir bulan. SPJ adalah laporan yang menjelaskan tentang semua pemasukan dan pengeluaran sekolah.
  • Menyimpan dan mengarsipkan semua surat-surat /kwitansi pengeluaran dengan rapi dan teratur. Bendahara sekolah bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengarsipkan semua surat-surat atau kwitansi pengeluaran dengan rapi dan teratur. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan pemeriksaan atau pencarian dokumen.
  • Berkoordinasi dengan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah tentang kegiatan penegelolaan keuangan sekolah. Bendahara sekolah bertanggung jawab untuk berkoordinasi dengan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah tentang kegiatan pengelolaan keuangan sekolah. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengelolaan keuangan sekolah berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Menyusun Laporan Tahunan pada akhir tahun Anggaran. Bendahara sekolah bertanggung jawab untuk menyusun laporan tahunan pada akhir tahun anggaran. Laporan tahunan ini menjelaskan tentang semua pemasukan dan pengeluaran sekolah selama satu tahun anggaran.

Tugas-tugas bendahara sekolah ini sangat penting untuk memastikan bahwa pengelolaan keuangan sekolah berjalan dengan baik dan transparan. Bendahara sekolah harus memiliki integritas yang tinggi dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.

Tugas Tambahan Guru sebagai Bendahara Sekolah

Salah satu tugas tambahan guru pada pengelolaan kinerja adalah sebagai bendahara sekolah. Kemudian sebagai bukti dukungnya adalah laporan Bendahara Sekolah dan SK/Surat Tugas. Untuk mendownload contoh laporan Bendahara Sekolah silakan klik (Disini).