Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download format formulir A, B, C, dan D untuk rubrik observasi PMM


Penilaian kinerja guru melalui formulir observasi adalah suatu alat yang digunakan untuk mengevaluasi bagaimana guru melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Observasi kinerja guru dapat dilakukan oleh berbagai pihak, seperti kepala sekolah, pengawas sekolah, atau rekan sejawat. Rubrik observasi mencakup indikator-indikator yang digunakan untuk menilai kinerja guru, yang dapat dikelompokkan berdasarkan aspek-aspek tertentu, seperti rencana hasil kerja, fokus perilaku, upaya pembelajaran, dan perencanaan observasi kinerja.

Bagian catatan observasi berisi catatan yang dibuat oleh pihak yang melakukan observasi selama proses berlangsung. Catatan tersebut dapat mencakup hal-hal positif dan aspek-aspek yang perlu diperbaiki dari kinerja guru.

Kesimpulan observasi merupakan ringkasan dari hasil observasi dan dapat mencakup penilaian terhadap kinerja guru secara menyeluruh. Bagian tindak lanjut berisi saran-saran yang diberikan kepada guru berdasarkan hasil observasi. Tindak lanjut dapat mencakup langkah-langkah yang perlu diambil oleh guru untuk meningkatkan kinerjanya.

Observasi kinerja guru memegang peran penting sebagai alat evaluasi, yang memungkinkan kepala sekolah, pengawas sekolah, atau rekan sejawat untuk memberikan umpan balik konstruktif kepada guru guna meningkatkan kinerjanya.

Dalam pengisian pengelolaan kinerja PMM yang mana kepala satuan pendidikan akan melakukan observasi, maka terdapat rubrik penilaiannya. Berikut kami bagikan formulir A, B, C, dan D dalam bentuk excel dan setiap sheet terdiri dari Form A, B, C, dan D. Adapun format formulir A, B, C, dan D untuk rubrik observasi PMM tersebut, silakan download (Disini).