Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar OSN SMP Tahun 2024

Ajang Olimpeade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu wujud dari implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan dan sekaligus merupakan cara mengidentifikasi talenta di bidang sains melalui pendekatan kompetisi.

Tahun 2024 tahapan pendaftaran Peserta OSN SMP terdiri dari dua tahapan, dimana proses pendaftaran dilakukan oleh operator sekolah dengan mempersiapkan berkas-berkas administrasi peserta OSN SMP Tahun 2024. Adapun berkas tersebut adalah:

  • Foto Siswa Peserta OSN
  • SK Peserta OSN 2024 (Surat Keterangan Sekolah OSN)
  • Fakta Integritas
  • Surat Izin Orang Tua
Semua berkas tersebut (SK Peserta OSN, Fakta Integritas dan Surat Izin Orang Tua untuk OSN 2024) dapat di download (Disini).

Langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi atau pendaftaran peserta OSN SMP tahun 2024 pada tahapan di bawah ini yaitu sebagai berikut:

  1. Registrasi dilakukan oleh sekolah dengan menggunakan SSO PDData pada laman Portal Registrasi Terpadu Ajang Talenta https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/  dengan user dan password Dapodik

  2. Setelah berhasil login, jangan lupa menyalin/mencatat Kode Registrasi untuk digunakan di laman Pusat Prestasi Nasional nantinya. Lokasi Kode Registrasi seperti pada gambar.

  3. Kemudian Pilih Menu Jumlah Peserta Didik Terdaftar yang terletak disamping kiri dengan mengklik detail seperti pada gambar 

  4. kemudian pilih tambah peserta

  5. Lalu ketikkan NISN dan Tanggal Lahir peserta didik yang ikut OSN SMP Tahun 2024, lalu klik menu cek di bawahnya.

  6. Selanjutnya silahkan upload foto peserta didik dan mengisi data-data peserta OSN 2024 tersebut dan apabila semua sudah selesai klik simpan

  7. Lakukan penambahan peserta didik sesuai cara di atas dan jangan lupa klik simpan. Untuk siswa yang sudah terdaftar tidak perlu ditambahkan. Cukup perbaharui jika ada data yang berubah.
  8. Berikutnya Pilih Menu Pembimbing di sebelah kiri untuk mengisi data pembimbing siswa peserta OSN

  9. Klik menu tambah pembimbing di bagian kanan atas, jika masih pembimbing yang lama, maka kita tidak perlu menambahkan. Tapi jika pembimbing berbeda, baru kita tambah pembimbing seperti pada gambar.

  10. Ketikkan nama dan data-data pembimbing OSN, dan jika sudah klik simpan

  11. Selanjutnya pilih Menu Ajang Talenta di sebelah kiri, 

  12. Selanjutnya pilih Olimpiade Sains Nasional (OSN-SMP), dan klik detail,


  13. Maka akan muncul data peserta yang kita tambahkan tadi, lalu klik menu daftar di sebelah kanan, lalu pilih nama peserta dan nama pembimbing sesuai lomba (IPA, Matematika, IPS), lalu klik simpan

  14. Setelah itu akan muncul notifikasi "anda belum finalisasi", scrool ke bawah lalu klik menu finalisasi, maka muncul notifikasi "sudah finalisasi pendaftaran",  

  15. Scrool ke atas lalu klik menu unduh bukti pendaftaran. Lakukan untuk peserta bidang lainnya hingga finalisasi. 

  16. Setelah itu operator sekolah melanjutkan registrasi pada laman https://smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn , login dengan NPSN sekolah dan Kode Registrasi yang di catat tadi. 
  17. Setelah berhasil login, pilih menu OSN, lalu klik menu Kabupaten/Kota, kemudian klik di bagian tengah atas yaitu sinkron peserta dari portal, setelah berhasil sinkronisasi, maka data peserta akan muncul. 

  18. Setelah data peserta muncul, klik di bagian aksi menu berkas, silahkan unggah berkas peserta yaitu pernyataan peserta OSNizin orang tua peserta OSN, dan Surat Keterangan dari Sekolah, dan setelah diupload klik simpan. Untuk contoh templete berkas tersebut bisa di unduh  (Disini). 

  19. Berikutnya, di menu OSN, pilih menu Pembina/Pelatih klik sinkron peserta dari portal, maka data pembimbing akan muncul. 
  20. Silahkan klik menu disebelah kiri yaitu menu pengaturan akun, pilih menu generate peserta, pilih levelnya kabupaten, lalu klik generate. Maka akan terunduh data username dan password peserta OSN, dan silahkan dibagikan kepada peserta. Siswa bisa mendownload aplikasi OSN di playstore dan login dengan username dan password tersebut.

Demikianlah cara daftar OSN SMP Tahun 2024, semoga bermanfaat.