Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PPPK Guru dan Pembahasan: Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar

Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar 

1. Konsep Kesepakatan di Lingkungan Belajar

Kesepakatan adalah persetujuan atau perjanjian yang dibuat oleh dua pihak atau lebih. Dalam konteks lingkungan belajar, kesepakatan adalah persetujuan yang dibuat oleh guru, siswa, dan orang tua siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung proses pembelajaran.

Kesepakatan di lingkungan belajar dapat mencakup berbagai hal, seperti:

  • Perilaku yang diharapkan dan tidak diharapkan dalam lingkungan belajar
  • Norma-norma yang berlaku di lingkungan belajar
  • Tanggung jawab dan hak siswa dalam lingkungan belajar
  • Proses pembelajaran yang diharapkan

Kesepakatan di lingkungan belajar penting untuk dibuat karena dapat:

  • Menciptakan lingkungan belajar yang tertib dan harmonis
  • Membantu siswa untuk memahami norma-norma dan tanggung jawabnya
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa

2. Contoh Kesepakatan di Lingkungan Belajar

Berikut adalah beberapa contoh kesepakatan yang dapat dibuat di lingkungan belajar:

Perilaku yang diharapkan:

  • Siswa datang tepat waktu
  • Siswa mengikuti aturan dan tata tertib sekolah
  • Siswa menghormati guru, teman, dan orang lain
  • Siswa menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan belajar

Perilaku yang tidak diharapkan:

  • Siswa berbicara atau bercanda saat guru sedang mengajar
  • Siswa mengganggu teman saat belajar
  • Siswa menyontek atau berbuat curang
  • Siswa merusak fasilitas sekolah

3. Konsep Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar

Kebiasaan positif adalah perilaku yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Kebiasaan positif di lingkungan belajar dapat membantu siswa untuk belajar dan berkembang secara optimal.

Beberapa contoh kebiasaan positif di lingkungan belajar adalah:

  • Rajin belajar
  • Siap belajar
  • Bertanya jika tidak mengerti
  • Membantu teman yang membutuhkan
  • Menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan belajar

4. Contoh Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar

Berikut adalah beberapa contoh kebiasaan positif yang dapat diterapkan di lingkungan belajar:

  • Rajin belajar: Siswa harus membiasakan diri untuk belajar secara teratur dan disiplin. Belajar secara teratur dapat membantu siswa untuk memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
  • Siap belajar: Siswa harus membiasakan diri untuk datang ke sekolah dengan persiapan yang matang. Persiapan yang matang dapat membantu siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan lebih baik.
  • Bertanya jika tidak mengerti: Siswa harus membiasakan diri untuk bertanya jika tidak mengerti materi pelajaran. Bertanya dapat membantu siswa untuk memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
  • Membantu teman yang membutuhkan: Siswa harus membiasakan diri untuk membantu teman yang membutuhkan. Membantu teman dapat menciptakan lingkungan belajar yang saling mendukung dan saling menghargai.
  • Menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan belajar: Siswa harus membiasakan diri untuk menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan belajar. Lingkungan belajar yang bersih dan tertib dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif.

5. Manfaat Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar

Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Menciptakan lingkungan belajar yang tertib dan harmonis
  • Membantu siswa untuk memahami norma-norma dan tanggung jawabnya
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa
  • Membantu siswa untuk belajar dan berkembang secara optimal

6. Penerapan Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar

Penerapan kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  • Guru harus menjelaskan kesepakatan dan kebiasaan positif kepada siswa secara jelas dan rinci
  • Guru harus memberikan contoh yang baik kepada siswa
  • Guru harus memberikan penghargaan kepada siswa yang menerapkan kesepakatan dan kebiasaan positif
  • Orang tua siswa harus mendukung penerapan kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar

Dengan menerapkan kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar, guru dan siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung proses pembelajaran.

Berikut Soal PPPK Guru Soal PPPK Guru dan Pembahasan: Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar 

Soal 1: Apa definisi kesepakatan di lingkungan belajar?
a) Kesepakatan adalah tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa.
b) Kesepakatan adalah persetujuan atau perjanjian yang dibuat oleh guru.
c) Kesepakatan adalah tindakan melanggar aturan sekolah.
d) Kesepakatan adalah nilai-nilai moral yang diajarkan di sekolah.

Kunci Jawaban: b) Kesepakatan adalah persetujuan atau perjanjian yang dibuat oleh guru.

Soal 2: Mengapa kesepakatan di lingkungan belajar penting?
a) Untuk memberikan tugas tambahan kepada siswa.
b) Untuk menciptakan lingkungan belajar yang tertib dan harmonis.
c) Untuk memberikan lebih banyak pekerjaan kepada guru.
d) Untuk mengurangi motivasi belajar siswa.

Kunci Jawaban: b) Untuk menciptakan lingkungan belajar yang tertib dan harmonis.

Soal 3: Apa yang dapat mencakup kesepakatan di lingkungan belajar?
a) Hanya perilaku yang diharapkan.
b) Hanya perilaku yang tidak diharapkan.
c) Perilaku yang diharapkan dan tidak diharapkan, norma-norma, tanggung jawab, dan proses pembelajaran.
d) Hanya norma-norma yang berlaku di lingkungan belajar.

Kunci Jawaban: c) Perilaku yang diharapkan dan tidak diharapkan, norma-norma, tanggung jawab, dan proses pembelajaran.

Soal 4: Apa manfaat dari kebiasaan positif di lingkungan belajar?
a) Meningkatkan motivasi belajar siswa.
b) Mengurangi disiplin siswa.
c) Meningkatkan konflik antara guru dan siswa.
d) Tidak ada manfaat dari kebiasaan positif.

Kunci Jawaban: a) Meningkatkan motivasi belajar siswa.

Soal 5: Contoh kebiasaan positif di lingkungan belajar mencakup apa?
a) Siswa tidak perlu rajin belajar.
b) Siswa dapat datang ke sekolah tanpa persiapan.
c) Siswa harus membiasakan diri untuk belajar secara teratur dan disiplin.
d) Siswa harus menghindari pertanyaan jika tidak mengerti.

Kunci Jawaban: c) Siswa harus membiasakan diri untuk belajar secara teratur dan disiplin.

Soal 6: Apa contoh kebiasaan positif lainnya di lingkungan belajar?
a) Mengganggu teman saat belajar.
b) Merusak fasilitas sekolah.
c) Bertanya jika tidak mengerti.
d) Tidak membantu teman yang membutuhkan.

Kunci Jawaban: c) Bertanya jika tidak mengerti.

Soal 7: Apa manfaat dari penerapan kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar?
a) Menciptakan lingkungan belajar yang kacau.
b) Mengurangi motivasi belajar siswa.
c) Meningkatkan konflik antara guru dan siswa.
d) Menciptakan lingkungan belajar yang tertib dan harmonis.

Kunci Jawaban: d) Menciptakan lingkungan belajar yang tertib dan harmonis.

Soal 8: Siapa yang dapat membuat kesepakatan di lingkungan belajar?
a) Hanya guru.
b) Hanya siswa.
c) Guru, siswa, dan orang tua siswa.
d) Hanya orang tua siswa.

Kunci Jawaban: c) Guru, siswa, dan orang tua siswa.

Soal 9: Apa yang harus guru lakukan dalam penerapan kesepakatan dan kebiasaan positif?
a) Tidak memberikan contoh yang baik kepada siswa.
b) Tidak menjelaskan kesepakatan dan kebiasaan positif secara jelas dan rinci.
c) Memberikan penghargaan kepada siswa yang menerapkan kesepakatan dan kebiasaan positif.
d) Tidak mendukung penerapan kesepakatan dan kebiasaan positif.

Kunci Jawaban: c) Memberikan penghargaan kepada siswa yang menerapkan kesepakatan dan kebiasaan positif.

Soal 10: Apa yang harus siswa lakukan dalam penerapan kesepakatan dan kebiasaan positif?
a) Mengganggu teman saat belajar.
b) Tidak menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan belajar.
c) Membiasakan diri untuk menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan belajar.
d) Tidak bertanya jika tidak mengerti.

Kunci Jawaban: c) Membiasakan diri untuk menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan belajar.

Soal 11: Apa yang dapat mencakup kesepakatan di lingkungan belajar?
a) Hanya perilaku yang diharapkan.
b) Hanya perilaku yang tidak diharapkan.
c) Perilaku yang diharapkan dan tidak diharapkan, norma-norma, tanggung jawab, dan proses pembelajaran.
d) Hanya norma-norma yang berlaku di lingkungan belajar.

Kunci Jawaban: c) Perilaku yang diharapkan dan tidak diharapkan, norma-norma, tanggung jawab, dan proses pembelajaran.

Soal 12: Apa manfaat dari kebiasaan positif di lingkungan belajar?
a) Meningkatkan motivasi belajar siswa.
b) Mengurangi disiplin siswa.
c) Meningkatkan konflik antara guru dan siswa.
d) Tidak ada manfaat dari kebiasaan positif.

Kunci Jawaban: a) Meningkatkan motivasi belajar siswa.

Soal 13: Apa contoh kebiasaan positif lainnya di lingkungan belajar?
a) Mengganggu teman saat belajar.
b) Merusak fasilitas sekolah.
c) Bertanya jika tidak mengerti.
d) Tidak membantu teman yang membutuhkan.

Kunci Jawaban: c) Bertanya jika tidak mengerti.

Soal 14: Apa manfaat dari penerapan kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar?
a) Menciptakan lingkungan belajar yang kacau.
b) Mengurangi motivasi belajar siswa.
c) Meningkatkan konflik antara guru dan siswa.
d) Menciptakan lingkungan belajar yang tertib dan harmonis.

Kunci Jawaban: d) Menciptakan lingkungan belajar yang tertib dan harmonis.

Soal 15: Siapa yang dapat membuat kesepakatan di lingkungan belajar?
a) Hanya guru.
b) Hanya siswa.
c) Guru, siswa, dan orang tua siswa.
d) Hanya orang tua siswa.

Kunci Jawaban: c) Guru, siswa, dan orang tua siswa.

Download Soal PPPK Guru dan Pembahasan: Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar di bawah ini:



Download Soal PPPK Guru 2023 lainnya sesuai Surat Edaran MenpanRB nomor: B/2881/M.SM.01.00/2023 tanggal 30 Oktober 2023 yaitu sebagai berikut:
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori belajar Gagne, Taksonomi Bloom dan perkembangannya, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Ausubel download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Profil Pelajar Pancasila download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Active Listening, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Dasar Komunikasi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Mengembangkan Motivasi Siswa, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Behavior modification & habit formation, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Prinsip-prinsip rewardpunishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Desain Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Facilitate learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berfikir Kritis, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berbagai Teknik Asesmen di Tingkat Kelas (Classroom-based Assessment) Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pemanfaatan Hasil Asesmen untuk Perbaikan Pembelajaran (Feedback), download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Program Remedial dan Program Pengayaan Berdasarkan Hasil Asesmen, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Refleksi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kode Etik Guru, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: Interaksi Guru-Murid, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: School Safety, download 
    (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Diversity, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pengertian dan Pengembangan Potensi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Perencanaan Karir dan Pengembangan Potensi Diri, download (Disini)