Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-kisi Soal PPPK Guru 2023: Teori Belajar Ausubel


Teori Belajar Ausubel:

Teori belajar Ausubel dikembangkan oleh David Paul Ausubel dan berfokus pada konsep "pembelajaran signifikan." Ausubel percaya bahwa pembelajaran terjadi ketika individu mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam pikiran mereka. Ia mengemukakan bahwa struktur pengetahuan awal (struktur kognitif) seseorang memainkan peran kunci dalam proses pembelajaran. Proses ini disebut "pembelajaran subsumsi."

Contoh penerapannya:

Misalnya, dalam pembelajaran ilmu pengetahuan, seorang guru dapat menggunakan pendekatan Ausubel dengan memulai pelajaran tentang iklim global dengan mengaktifkan pengetahuan awal siswa tentang cuaca lokal. Dengan cara ini, siswa dapat menghubungkan konsep iklim global dengan apa yang mereka ketahui tentang cuaca lokal, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa Teori belajar Ausubel adalh teori belajar yang dikembangkan oleh David Paul Ausubel, yang mana teori ini menekankan pembelajaran signifikan. Konsep ini berfokus pada bagaimana individu memproses dan mengintegrasikan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam pikiran mereka. 

Terdapat beberapa poin penting dalam teori belajar Ausubel:

1. Pembelajaran Signifikan: Pembelajaran terjadi ketika individu mampu mengaitkan informasi baru dengan konsep atau pengetahuan yang sudah ada dalam pikiran mereka. Dalam pembelajaran signifikan, informasi baru memiliki makna dan relevansi dalam konteks pengetahuan yang sudah dimiliki.

2. Struktur Kognitif: Ausubel menyatakan bahwa struktur pengetahuan awal seseorang, yang disebut "struktur kognitif," memainkan peran kunci dalam proses pembelajaran. Struktur kognitif ini merupakan kerangka pengetahuan yang digunakan individu untuk mengorganisasi dan menyimpan informasi.

3. Pembelajaran Subsumsi: Proses pembelajaran yang diajukan oleh Ausubel disebut "pembelajaran subsumsi." Ini mengacu pada penggabungan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang sudah ada, sehingga informasi baru menjadi bagian dari pengetahuan yang lebih luas.

Contoh penerapan teori belajar Ausubel, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dapat ditemukan dalam konteks pengajaran ilmu pengetahuan. Misalnya, saat mengajarkan konsep iklim global kepada siswa, seorang guru dapat memulai dengan mengaktifkan pengetahuan awal siswa tentang cuaca lokal. Dengan cara ini, siswa dapat mengaitkan konsep iklim global dengan apa yang mereka tahu tentang cuaca lokal. Proses ini membantu siswa membuat hubungan antara informasi baru (iklim global) dengan pengetahuan yang sudah ada dalam struktur kognitif mereka (cuaca lokal), sehingga pembelajaran menjadi lebih signifikan dan bermakna.

Dalam praktiknya, pendekatan Ausubel sering melibatkan aktivitas yang mendorong refleksi dan pemahaman konsep, serta membangun hubungan antara konsep-konsep yang berbeda dalam pembelajaran.

Adapun kisi-kisi soal Teori Belajar Ausubel untuk seleksi PPPK Guru 2023 yang mencakup empat aspek utama:

1. Pengertian Belajar Bermakna

Pengertian belajar bermakna adalah prinsip dasar dalam Teori Belajar Ausubel. Belajar bermakna adalah proses di mana individu mengaitkan dan mengintegrasikan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam pikiran mereka. Ini berbeda dari belajar sekadar menghafal fakta tanpa pemahaman yang mendalam. Belajar bermakna menciptakan pemahaman yang lebih dalam dan relevan. Dalam seleksi PPPK Guru 2023, calon guru mungkin akan diuji pemahaman mereka terhadap konsep belajar bermakna, dan mereka mungkin diminta untuk menjelaskan bagaimana konsep ini berhubungan dengan praktik pengajaran mereka.

2. Prinsip-Prinsip Belajar Bermakna

Prinsip-prinsip belajar bermakna adalah pedoman yang mengatur bagaimana belajar bermakna dapat terjadi. Prinsip-prinsip ini mencakup konsep seperti "subsumsi" (mengintegrasikan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang sudah ada) dan "penyelarasan" (membangun hubungan antara konsep-konsep yang berbeda). Calon guru mungkin akan diuji tentang pemahaman mereka terhadap prinsip-prinsip ini dan bagaimana mereka dapat menerapkannya dalam pembelajaran mereka.

3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar Bermakna

Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar bermakna adalah aspek-aspek yang dapat memfasilitasi atau menghambat proses belajar ini. Beberapa faktor yang memengaruhi belajar bermakna meliputi motivasi siswa, pengetahuan awal siswa, dan lingkungan belajar. Calon guru mungkin diminta untuk mengidentifikasi faktor-faktor ini dan bagaimana mereka dapat mengelola atau mengatasi faktor-faktor yang menghambat belajar bermakna.

4. Strategi Pembelajaran yang Mendukung Belajar Bermakna

Strategi pembelajaran yang mendukung belajar bermakna adalah metode dan pendekatan yang dapat digunakan oleh guru untuk mengajar dengan memanfaatkan prinsip-prinsip belajar bermakna. Ini mencakup penggunaan berbagai teknik seperti pengorganisasian materi, diskusi, pemecahan masalah, dan pemberian tugas yang relevan. Calon guru mungkin akan diminta untuk menjelaskan bagaimana mereka dapat mengimplementasikan strategi-strategi ini dalam pengajaran mereka.

Contoh Soal PPPK Guru 2023 terkait Teori Belajar Ausubel:

1. Apa yang merupakan fokus utama dari teori belajar Ausubel?
a. Pembelajaran observasional
b. Pembelajaran signifikan
c. Pembelajaran kognitif
d. Pembelajaran hafalan
Jawaban: b. Pembelajaran signifikan

2. Apa yang dimaksud dengan "struktur kognitif" dalam teori Ausubel?
a. Kumpulan fakta yang dihafal individu
b. Kemampuan individu untuk mengamati lingkungan
c. Kerangka pengetahuan yang digunakan individu untuk mengorganisasi informasi
d. Kemampuan individu untuk memecahkan masalah
Jawaban: c. Kerangka pengetahuan yang digunakan individu untuk mengorganisasi informasi

3. Apa yang dimaksud dengan "pembelajaran subsumsi" dalam teori Ausubel?
a. Proses penghafalan informasi baru
b. Proses penggabungan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang sudah ada
c. Proses pengabaian pengetahuan sebelumnya
d. Proses penggantian pengetahuan lama dengan pengetahuan baru
Jawaban: b. Proses penggabungan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang sudah ada

4. Dalam contoh penerapan teori Ausubel tentang pembelajaran iklim global, apa yang dimaksud dengan "mengaktifkan pengetahuan awal siswa"?
a. Memberikan pengetahuan baru kepada siswa
b. Membuat siswa lebih pasif dalam pembelajaran
c. Menghubungkan konsep iklim global dengan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa
d. Meminta siswa untuk melupakan pengetahuan sebelumnya
Jawaban: c. Menghubungkan konsep iklim global dengan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa

5. Bagaimana pendekatan Ausubel dapat membantu dalam pembelajaran?
a. Dengan memaksa siswa untuk menghafal informasi baru
b. Dengan menciptakan hambatan antara pengetahuan baru dan yang sudah ada
c. Dengan mengintegrasikan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang sudah ada
d. Dengan mengabaikan pengetahuan awal siswa
Jawaban: c. Dengan mengintegrasikan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang sudah ada

6. Apa yang dimaksud dengan belajar bermakna menurut Teori Belajar Ausubel?
a. Belajar dengan cara menghafal fakta
b. Belajar dengan memahami dan mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada
c. Belajar dengan mendengarkan guru secara pasif
d. Belajar dengan menyalin catatan teman

Jawaban: b. Belajar dengan memahami dan mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada

7. Prinsip belajar bermakna yang dijelaskan oleh Ausubel melibatkan:
a. Penghafalan informasi baru
b. Integrasi informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada
c. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran
d. Memisahkan informasi baru dari pengetahuan sebelumnya

Jawaban: b. Integrasi informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada

8. Faktor apa yang memengaruhi belajar bermakna dalam Teori Belajar Ausubel?
a. Cuaca
b. Pengetahuan awal siswa, motivasi, dan lingkungan belajar
c. Waktu belajar
d. Buku teks

Jawaban: b. Pengetahuan awal siswa, motivasi, dan lingkungan belajar

9. Salah satu strategi pembelajaran yang mendukung belajar bermakna adalah:
a. Menghafal fakta-fakta penting
b. Memberikan tugas-tugas berulang kepada siswa
c. Membangun hubungan antara konsep-konsep yang berbeda
d. Membiarkan siswa bekerja sendiri tanpa panduan guru

Jawaban: c. Membangun hubungan antara konsep-konsep yang berbeda

10. Bagaimana seorang guru dapat memotivasi siswa untuk belajar bermakna?
a. Dengan memberikan ujian yang sulit
b. Dengan memberikan hadiah uang kepada siswa terbaik
c. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan relevan
d. Dengan memaksa siswa untuk mengikuti panduan guru

Jawaban: c. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan relevan

Download Kisi-kisi Soal PPPK Guru 2023: Teori Belajar Ausubel di bawah ini:


=== Download Disini ===

Download Soal PPPK Guru 2023 lainnya di bawah ini:
  • Soal Situational Judgement Test (SJT) PPPK Guru 2023 (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori belajar Gagne, Taksonomi Bloom dan perkembangannya, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Piaget, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Teori Belajar Ausubel download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 Profil Pelajar Pancasila download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Karakteristik Murid Berkebutuhan Khusus, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan Prinsip Assessment as Learning dan Assessment for Learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Active Listening, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Teori Dasar Komunikasi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kesepakatan dan Kebiasaan Positif di Lingkungan Belajar, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Mengembangkan Motivasi Siswa, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Behavior modification & habit formation, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Prinsip-prinsip rewardpunishment, dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Desain Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Facilitate learning, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berfikir Kritis, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Berbagai Teknik Asesmen di Tingkat Kelas (Classroom-based Assessment) Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pemanfaatan Hasil Asesmen untuk Perbaikan Pembelajaran (Feedback), download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Program Remedial dan Program Pengayaan Berdasarkan Hasil Asesmen, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Refleksi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Kode Etik Guru, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: Interaksi Guru-Murid, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023: School Safety, download 
    (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Diversity, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Pengertian dan Pengembangan Potensi, download (Disini)
  • Soal PPPK Guru 2023 tentang Perencanaan Karir dan Pengembangan Potensi Diri, download (Disini)