Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum Merdeka Fase E


Kemampuan berbahasa, kemahiran sastra, dan kemampuan berpikir adalah dasar dari keterampilan literasi. Segala bidang studi, aspek kehidupan, dan tujuan sosial bergantung pada keterampilan literasi. Literasi adalah keterampilan yang sangat penting yang digunakan sepanjang karier dan seumur hidup. Oleh karena itu, pengajaran bahasa Indonesia menjadi pembelajaran literasi yang mendukung berbagai tujuan komunikasi dalam konteks budaya sosial Indonesia.

Keterampilan literasi dikembangkan melalui pengajaran mendengarkan, membaca, menulis, berbicara, dan menyampaikan informasi untuk berbagai keperluan, berdasarkan jenis teks yang terkait dengan penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Setiap jenis teks memiliki struktur dan pola berpikir yang khas yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa dalam pekerjaan dan pembelajaran seumur hidup.

Model sentral yang digunakan dalam pengajaran bahasa Indonesia adalah pendekatan genre. Pendekatan ini terdiri dari empat tahap, yaitu penjelasan (menjelaskan dan membangun konteks), pemodelan (mendemonstrasikan), pembimbingan (konstruksi bersama), dan pemandirian (konstruksi mandiri). Selain pendekatan genre, pengajaran bahasa Indonesia juga dapat dikembangkan dengan menggunakan model-model lain yang sesuai dengan pencapaian pembelajaran khusus.

Modul Ajar Bahasa Indonesia untuk kelas 10 merupakan perangkat atau alat pendidikan yang bertujuan membantu siswa mencapai kemampuan berbahasa sesuai dengan yang dijelaskan di tahap akhir fase E. Modul ini telah dirancang untuk melengkapi siswa kelas 10 dengan keterampilan berkomunikasi, berpikir logis, dan berinteraksi sesuai dengan berbagai situasi, termasuk dalam konteks sosial, akademis, dan dunia pekerjaan.

Dalam modul ini, materi pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup pemahaman dan pengolahan berbagai jenis teks yang beragam dalam berbagai topik. Siswa diajarkan untuk memahami, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi yang terkandung dalam teks-teks tersebut. Siswa juga akan mempelajari cara menggabungkan ide-ide dan pendapat dari berbagai sumber yang berbeda. Selain itu, modul ini melibatkan peserta didik dalam kegiatan berdiskusi dan debat yang aktif. 

Modul ini juga berperan dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan menulis, termasuk kemampuan menyusun teks untuk menyampaikan pendapat, serta mempresentasikan dan merespons informasi nonfiksi dan fiksi secara kritis dan etis. 

Dengan kata lain, tujuan dari modul ajar Bahasa Indonesia untuk kelas 10 adalah mempersiapkan siswa agar memiliki kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dalam berbagai situasi komunikasi serta mampu berpikir kritis dalam memahami dan menilai berbagai jenis teks.

Untuk mendownload Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum Merdeka silakan klik di bawah ini:

  • CP Bahasa Indonesia Kelas 10 klik (Disini)
  • ATP Bahasa Indonesia Kelas 10 klik (Disini)
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 dan 2 klik (Disini)