Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RHK pada pengembangan kompetensi paling gampang dilakukan oleh guru


Pengelolaan Kinerja di Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah sebuah fitur yang memberikan kemudahan bagi guru dan kepala sekolah di Indonesia. Fitur ini dapat menjadi acuan untuk menentukan sasaran kinerja yang lebih kontekstual. Sehingga untuk guru dan kepala sekolah hanya perlu membuat SKP atau pengelolaan kinerja di PMM saja yang sudah terintegrasi dengan e-kinerja BKN.

Tahapan Pengelolaan Kinerja di Platform Merdeka Mengajar (PMM) melibatkan beberapa langkah. Tahapannya dimulai dari Perencanaan Kinerja hingga Penilaian Hasil Kinerja. Proses ini memberikan keuntungan dengan adanya dua siklus dalam satu tahun, memungkinkan evaluasi berkala, pemantauan, dan peningkatan kinerja. 

Dalam pengelolaan kinerja di PMM ini terdapat tiga tahapan utama dalam pengelolaan kinerja guru melalui PMM, yaitu tahapan Perencanaan Kinerja, lalu tahapan Pelaksanaan Kinerja, dan dan terakhir tahapan Penilaian Hasil Kinerja.

Pada pengisian pengelolaan kinerja di Platform Merdeka Mengajar (PMM), terdapat beberapa aspek yang dinilai guna menentukan sasaran kinerja yang lebih kontekstual. Beberapa aspek tersebut adalah aspek praktik kinerja (praktik pembelajaran) dan aspek perilaku kerja. Sementara untuk aspek pengembangan kompetensi hanya menjadi pertimbangan.

Maka dari itu, jika guru memilih RHK pada pengembangan kompetensi pastikan memilih RHK yang disanggupi untuk dikerjakan dan tidak membebani guru itu sendiri. Jika guru tidak ingin ribet untuk mengikuti diklat dan webinar, maka salah satu RHK yang paling gampang dilakukan misalnya adalah observasi praktik pembelajaran dengan teman sejawat. Dan bukti dukungnya yang harus dikerjakan serta diunggah adalah laporan observasi teman sejawat.