Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 Kurikulum Merdeka


Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti secara progresif dan menyeluruh diarahkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mencapai keselamatan spiritual, berperilaku baik, dan memahami dasar-dasar agama Islam serta cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di dalam negara Republik Indonesia.

Secara umum, pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti harus mengarahkan peserta didik untuk memiliki (1) orientasi kepada kebaikan, (2) sikap yang toleran, (3) etika yang mulia, dan (4) kepedulian terhadap alam semesta.

Melalui pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti, peserta didik kemudian menerapkan nilai-nilai ini dalam beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., menjaga diri, dan peduli terhadap kemanusiaan dan lingkungan. Implementasi ini akan tercermin dalam berbagai aspek pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti, terutama dalam pembentukan karakter individu dan sosial, keyakinan, hukum Islam, dan sejarah peradaban Islam.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat menjadi panduan bagi peserta didik dalam menjaga diri dan menerapkan etika mulia sehari-hari. Berbagai permasalahan sosial seperti penurunan etika, radikalisme, dan masalah lingkungan dapat dijawab dalam kerangka tradisi agama Islam.

Melalui pemahaman dan penghayatan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, peserta didik dapat menghindari pengaruh negatif di dunia yang dapat menghambat perkembangan mereka, baik dalam hubungan dengan Tuhan, diri sendiri, sesama warga negara, sesama manusia, maupun alam semesta.

Dalam konteks Indonesia yang semakin kompleks di abad ke-21, pemahaman yang mendalam tentang agama sangat penting, terutama dalam menghargai perbedaan. Pelajaran agama tidak hanya berfokus pada hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi juga hubungan dengan diri sendiri, sesama warga negara, sesama manusia, dan alam semesta.

Oleh karena itu, diperlukan berbagai pendekatan dalam proses pembelajaran agama, termasuk diskusi interaktif, pembelajaran berbasis penemuan, pembelajaran berorientasi pada siswa, pembelajaran berbasis pemecahan masalah, pembelajaran berbasis proyek kehidupan, dan pembelajaran kolaboratif. Pendekatan-pendekatan ini memungkinkan pengembangan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas peserta didik.

Melalui materi yang disajikan dalam lima elemen ilmiah Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, seperti Al-Quran dan hadis, akidah, akhlak, fiqih, dan sejarah peradaban Islam, pelajaran agama Islam dapat berkontribusi untuk membentuk profil pelajar pancasila yang beriman, bertakwa, berperilaku baik, menyadari peran sebagai warga dunia dengan kepribadian dan kompetensi global, serta menjadi individu yang mandiri, kreatif, kritis, dan mampu berkolaborasi.

Modul pengajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk siswa kelas 5 adalah suatu panduan yang berisi tujuan pembelajaran, langkah-langkah, materi, dan penilaian yang diperlukan untuk mata pelajaran tersebut, sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul ini bertujuan untuk memberikan panduan komprehensif kepada guru dan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada tingkat kelas 5.

Berikut Link Download Perangkat Ajar dan Modul Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 bisa di unduh dan tinggal edit:

  • Capaian Pembelajaran PAI Kelas 5 (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran PAI Kelas 5 (Disini)
  • Program Semester PAI Kelas 5 (Disini)
  • Program Tahunan PAI Kelas 5 (Disini)
  • Aplikasi Penilaian (Disini)
  • Modul Ajar PAI Kelas 5 Semester 1 dan 2 (Disini)

Butuh Perangkat Ajar Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran unduh (Disini)