Kunci Jawaban Tes Awal Diklat Jelajah Mandiri Rumah Pendidikan
Kunci Jawaban Tes Awal Diklat Jelajah Rumah Pendidikan
Berikut adalah kumpulan soal beserta pilihan jawaban dari Tes Awal Diklat Jelajah Rumah Pendidikan. Silakan coba kerjakan terlebih dahulu untuk menguji pemahaman Anda. Kunci jawaban lengkap tersedia di bagian bawah halaman ini.
Soal 1:
Bu Ika telah menerapkan Pembelajaran Mendalam selama 6 bulan. Untuk refleksi dan perbaikan berkelanjutan, data yang paling komprehensif untuk dianalisis adalah ....
Soal 2:
Untuk membuat pembelajaran lebih hidup, Bu Nia memberi tugas murid mencoba gim matematika yang mengajarkan pecahan. Setelahnya, mereka berdiskusi strategi bermain. Fitur apa yang digunakan Bu Nia?
Soal 3:
Pemanfaatan "Ide Praktik" di Ruang GTK dapat membantu guru dalam ....
Soal 4:
Bu Fitri, guru kelas 5, ingin mengetahui murid-murid mana yang belum menguasai literasi dasar berdasarkan hasil asesmen awal. Fitur apa yang harus dimanfaatkan?
Soal 5:
Salah satu tantangan utama dalam pemanfaatan aplikasi digital pendidikan sebelum adanya Rumah Pendidikan adalah...
Soal 6:
Pak Doni ingin mengimplementasikan Pembelajaran Mendalam di daerah terpencil dengan fasilitas teknologi terbatas. Muridnya berasal dari keluarga petani dan nelayan. Adaptasi yang paling sesuai dengan konteks lokal adalah ....
Soal 7:
Untuk mengakses Rumah Pendidikan melalui aplikasi mobile, apa yang perlu dilakukan?
Soal 8:
Apa visi besar pemerintah yang menjadi landasan transformasi digital melalui Rumah Pendidikan?
Soal 9:
Langkah pertama yang perlu diambil pendidik untuk memastikan keamanan data siswa adalah?
Soal 10:
Salah satu kekuatan platform Rumah Pendidikan adalah keterpaduan 8 ruang untuk mendukung semua ekosistem pendidikan. Jika seorang pengawas sekolah ingin memantau kualitas layanan pendidikan, melakukan refleksi sekolah, dan menyusun rencana tindak lanjut berbasis data, ruang mana saja yang paling relevan untuk eksplorasi lanjutan?
Soal 11:
Bu Tania adalah guru Matematika yang merasa khawatir karena murid-muridnya sering mengeluh bahwa pelajaran geometri sulit dipahami dan membosankan. Untuk menjawab tantangan tersebut, ia mencari inspirasi di Ide Praktik pada Rumah Pendidikan. Ia menemukan contoh guru lain yang menggunakan pendekatan proyek untuk membuat miniatur rumah menggunakan aplikasi desain 3D. Ia lalu mengadaptasi ide itu dan membagi murid ke dalam kelompok untuk membuat proyek rumah impian berdasarkan konsep bangun ruang. Langkah yang dilakukan Bu Tania menunjukkan contoh dari tahapan apa dalam menerapkan inovasi pembelajaran?
Soal 12:
Pada gambar ilustrasi tersebut terlihat beberapa kelompok murid melakukan aktivitas belajar yang berbeda. Ada kelompok murid yang menggunakan komputer, ada yang berdiskusi kelompok, dan ada yang membaca buku. Masing-masing aktivitas tersebut dilakukan murid secara bergantian dari satu tempat ke tempat lainnya. Berdasarkan ilustrasi tersebut, model pembelajaran yang sedang diterapkan adalah...
Soal 13:
Perhatikan ilustrasi berikut: Ibu Ani ingin mengajarkan konsep hukum Archimedes kepada murid-muridnya. la memulai pelajaran dengan meminta murid-murid untuk mengamati berbagai benda yang dimasukkan ke dalam air (mengambang, melayang, tenggelam). Murid-murid kemudian diminta untuk mencatat pengamatan mereka, merumuskan hipotesis tentang mengapa benda-benda tersebut berperilaku berbeda, dan kemudian mencoba memverifikasi hipotesis mereka melalui eksperimen sederhana. Guru hanya memfasilitasi proses penemuan tersebut. Model pembelajaran yang digunakan Ibu Ani dalam ilustrasi ini berfokus pada:
Soal 14:
Bu Erna adalah guru Bahasa Indonesia. la sering melihat murid-muridnya kesulitan menulis karangan. la lalu merancang pembelajaran menggunakan model Project-Based Learning. la membagi murid menjadi kelompok, meminta mereka menulis cerita rakyat daerah masing-masing, lalu mempublikasikan cerita itu dalam bentuk e-book sederhana. la mengarahkan mereka mencari referensi di Rumah Pendidikan pada Buku Bacaan Digital dan menonton video inspirasi menulis kreatif. Apa manfaat utama dari penggunaan Rumah Pendidikan dalam inovasi pembelajaran Bu Erna?
Soal 15:
Dalam implementasi Pembelajaran Mendalam, Pak Ahmad ingin mengetahui tingkat kemampuan literasi dan numerasi murid kelasnya sebelum memulai pembelajaran baru. Langkah yang tepat dilakukan melalui Rumah Pendidikan adalah ....
Soal 16:
Seorang guru ingin mengetahui praktik baik dari rekan sejawat di daerah lain yang sudah mencoba pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Fitur Rumah Pendidikan mana yang paling sesuai untuk membantunya?
Soal 17:
Seorang siswa kelas 5 SD ingin membaca cerita fiksi dan non-fiksi untuk meningkatkan minat bacanya di luar jam pelajaran. Fitur di Ruang Murid yang paling relevan untuk kebutuhannya adalah...
Soal 18:
Setelah menonton video tentang daur air dari Rumah Pendidikan, siswa diminta membuat infografis digital. Aktivitas ini paling mencerminkan pemanfaatan fitur:
Soal 19:
Bu Lestari adalah staf di Dinas Pendidikan Kabupaten. Ia baru saja diberikan akses ke Ruang Pemerintah dan mencoba membuka fitur Akun Pendidikan. Namun, ia mengira fitur ini hanya untuk melihat daftar nama pengguna akun guru, dan tidak memahami bahwa data ini bisa dimanfaatkan untuk memantau pemanfaatan akun oleh sekolah-sekolah di wilayahnya. Apa sebenarnya fungsi utama dari fitur Akun Pendidikan di Ruang Pemerintah yang perlu dipahami Bu Lestari agar dapat mendukung pengelolaan pendidikan daerahnya?
Soal 20:
Dinas Pendidikan Kota Maju Jaya menghadapi tantangan rendahnya aktivasi akun belajar.id di kalangan guru. Hal ini berdampak pada lambatnya adopsi platform digital untuk pembelajaran dan administrasi. Strategi yang paling komprehensif dan berkelanjutan yang dapat dilakukan oleh dinas, dengan memanfaatkan informasi dari Ruang Pemerintah dan potensi kemitraan, adalah ...
Catatan: Jawaban di atas disusun berdasarkan materi diklat. Estimasi tingkat kebenaran jawaban adalah 80 - 90%.
Kunci Jawaban Lengkap
- 1. A: Kombinasi data "AKM Kelas" (progress literasi-numerasi), observasi perkembangan profil pelajar Pancasila, hasil asesmen formatif berkala, refleksi diri guru, dan feedback dari mitra pembelajaran.
- 2. A: Sumber Belajar - Gim Edukasi
- 3. C: Melihat praktik baik pembelajaran dari guru lain
- 4. D: Kelas
- 5. B: Aplikasi-aplikasi digital tidak mudah dicari, diakses, atau digunakan karena terpisah-pisah.
- 6. D: Mengunduh materi dari "Perangkat Ajar" dan "Buku Bacaan Digital" untuk digunakan offline, kemudian mengintegrasikannya dengan kearifan lokal pertanian dan perikanan sebagai sumber belajar kontekstual.
- 7. A: Mengunduh aplikasi melalui Google Play Store atau Apple App Store.
- 8. B: Mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045 melalui pengembangan SDM unggul.
- 9. D: Menghindari penggunaan jaringan internet publik.
- 10. C: Ruang Orang Tua, Ruang Sekolah, dan Ruang Komunitas.
- 11. A: Mempelajari dan Mengadaptasi Model Pembelajaran yang ada.
- 12. D: Station Rotation Learning.
- 13. D: Pembelajaran Penemuan/Inkuiri, karena mendorong murid menemukan konsep sendiri.
- 14. C: Memberikan sumber belajar digital yang relevan dan kontekstual.
- 15. A: Menggunakan "Bank Soal" di Ruang Murid untuk memberikan latihan.
- 16. A: Inspirasi Pembelajaran - Video Inspirasi.
- 17. B: Buku Bacaan Digital, karena menyediakan koleksi buku cerita dan pengetahuan yang beragam.
- 18. D: Sumber Belajar - Video
- 19. B: Mengelola sumber daya sekolah dan memantau pemanfaatan akun guru, tenaga kependidikan, dan murid.
- 20. B: Mengadakan workshop masif dan berkesinambungan tentang pengoptimalan penggunaan akun belajar.id yang fokus pada peningkatan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran.
