Jawaban Cerita Reflektif Peran Guru dalam Pendidikan Nilai

Modul Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai
Topik 2: Makna, Urgensi, dan Strategi Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Kerangka Pendidikan Nasional
- Siapa yang bertanggung jawab dalam pendidikan nilai di sekolah? Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti? Guru Pendidikan Pancasila? Atau semua guru?
- Peran apa yang dapat Bapak/Ibu lakukan dalam pendidikan nilai?
- Strategi apa yang akan Bapak/Ibu gunakan sebagai bentuk komitmen dalam menjalankan hasil pembelajaran dari materi ini?
Jawaban:
1. Siapa yang bertanggung jawab dalam pendidikan nilai di sekolah?
Pendidikan nilai adalah tanggung jawab kolektif seluruh guru, bukan hanya guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti atau Pendidikan Pancasila. Setiap guru, terlepas dari mata pelajarannya, memiliki kesempatan untuk menanamkan nilai melalui kegiatan pembelajaran dan interaksi dengan peserta didik.
2. Peran apa yang dapat Bapak/Ibu lakukan dalam pendidikan nilai?
Saya berperan sebagai teladan dan fasilitator. Saya akan menunjukkan nilai-nilai positif melalui sikap dan tindakan nyata. Selain itu, saya akan merancang kegiatan pembelajaran yang menyisipkan nilai seperti kerja kelompok, refleksi moral, dan pemecahan masalah kontekstual serta membangun lingkungan kelas yang suportif dan inklusif.
3. Strategi apa yang akan Bapak/Ibu gunakan sebagai bentuk komitmen?
Saya akan menerapkan strategi internalisasi nilai secara bertahap, yaitu:
- Transformasi Nilai: Mengaitkan nilai dengan cerita inspiratif dan pembelajaran kontekstual.
- Transaksi Nilai: Melibatkan siswa dalam diskusi dan refleksi nilai.
- Trans-internalisasi: Menumbuhkan kebiasaan dan keteladanan yang konsisten dalam kehidupan sehari-hari.
Saya juga akan mengintegrasikan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam RPP, memperkuat pembelajaran berbasis proyek, serta bekerja sama dengan orang tua untuk mendukung pendidikan nilai secara berkelanjutan di rumah.