Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Hal yang harus kita ketahui tentang Nabi Idris 'Alaihissalam


Berikut Beberapa Hal yang harus kita ketahui tentang Nabi Idris 'Alaihissalam:

1) Nabi Idris adalah seorang yang tinggi, tampan, dan memiliki janggut. Sifatnya sangat tenang, sering berpikir, dan berbicara hanya ketika diperlukan. Ketika berbicara, kata-katanya sangat jelas, dan dia selalu merendahkan pandangannya.

2) Nabi Idris adalah manusia pertama yang menggunakan alat tulis. Sebelum nabi Idris, konsep menulis belum pernah ada.

3) Tugas Nabi Idris bukanlah untuk menyebarkan agama atau menghentikan syirik, karena pada saat itu manusia di bumi masih beriman kepada Allah.

4) Tugas Nabi Idris adalah melawan kehancuran moral, seperti pencurian, perzinahan, penindasan, dan lainnya yang semakin meluas, terutama di kalangan keturunan Qabil.

5) Ketika Nabi Idris melihat krisis moral dan penurunan akhlak yang semakin meluas, hingga kaumnya sendiri mulai hancur, dia mengumpulkan pasukan berkuda untuk berperang melawan kelompok tersebut.

6) Nabi Idris adalah orang pertama di bumi yang terlibat dalam peperangan yang bertujuan baik, dan dia memenangkan peperangan tersebut.

7) Allah memberikan Nabi Idris anugerah bahwa setiap kali seluruh umat manusia melakukan kebaikan, dia juga akan mendapat pahala.

8) Nabi Idris berbicara kepada malaikat yang merupakan sahabat baiknya (dikatakan malaikat Jibril, Wallahu'alam) bahwa dia ingin mengumpulkan sebanyak mungkin pahala sebelum meninggal.

9) Oleh karena itu, Nabi Idris meminta malaikat tersebut membawanya untuk bertemu dengan malaikat maut dan berunding tentang waktu kematiannya.

10) Malaikat itu membawa Nabi Idris ke syurga ke-4 untuk bertemu malaikat maut.

11) Setelah tiba di syurga ke-4 dan malaikat tersebut memberi tahu malaikat maut tujuannya, malaikat maut bertanya, "Tapi di mana Idris?" Malaikat itu menjawab, "Dia ada di belakangku."

12) Malaikat maut sangat terkejut dan kagum karena dia diperintahkan untuk mencabut nyawa Nabi Idris di syurga ke-4, di mana seharusnya tidak mungkin, karena Nabi Idris hidup di bumi. Maka, nyawa Nabi Idris dicabut di syurga ke-4, sesuai dengan takdirnya.

13) Nabi Idris adalah satu-satunya manusia yang meninggal di syurga. Inilah keagungan Nabi Idris.

14) Ribuan tahun setelah kematiannya, setan berhasil menciptakan syirik pertama di kalangan manusia.

15) Setelah zaman Nabi Idris, ada lima orang ulama yang selalu mengajak manusia kepada kebaikan. Nama-nama mereka disebut dalam Al-Quran. Setan mulai beraksi setelah kelima ulama tersebut meninggal.

16) Setan menghasut manusia untuk mengenang lima ulama tersebut dengan membuat patung batu dan memberi nama setiap patung dengan nama ulama tersebut. Setiap kali manusia melihat patung-tetang tersebut, mereka merasa senang dan mengenang kembali ajaran para ulama tersebut untuk berbuat kebaikan.

17) Setelah beberapa generasi, setan mulai menghasut manusia dengan menyatakan bahwa nenek moyang mereka menyembah patung-patung ini dan itulah sebabnya kebaikan datang kepada mereka, dan mereka menjadi lebih baik. Oleh karena itu, generasi baru perlu menyembah patung-patung itu untuk menjadi lebih baik.

18) Dari situlah dimulai praktek syirik di kalangan manusia.