Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka


Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 adalah dokumen yang berisi rencana pembelajaran yang disusun secara sistematis dan terstruktur untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 SD disusun berdasarkan Kurikulum Merdeka berdasarkan capaian pembelajaran dan profil pelajar pancasila.

Adapun Capaian Pembelajaran Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 Fase C ini adalah: Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. 

Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan dalam berbagai aspek bahasa, termasuk mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Mereka dapat menganalisis informasi dari berbagai jenis teks, baik yang disajikan secara lisan, dalam bentuk teks aural, maupun audio. 

Kemampuan membaca mereka mencakup kemampuan membaca dengan fasih dan memahami makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan dari berbagai pola kombinasi huruf. Peserta didik juga mampu mengidentifikasi ide pokok dan nilai-nilai dalam berbagai jenis teks, termasuk teks deskripsi, narasi, eksposisi, dan teks sastra. 

Dalam berbicara, mereka dapat menyampaikan informasi dengan tepat, sesuai kaidah bahasa, dan konteks, serta menyampaikan perasaan dengan indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi. Mereka juga mampu mempresentasikan gagasan dan pengalaman secara logis, sistematis, efektif, kreatif, dan kritis. 

Dalam menulis, peserta didik dapat menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari berbagai gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi, menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan konteks dan norma budaya, serta menggunakan kosakata dengan kreativitas dalam bentuk prosa dan puisi.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 SD minimal terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

  • Identitas Modul
  • Tujuan Pembelajaran
  • Pembelajaran
  • Asesmen
  • Penilaian
  • Refleksi

Identitas Modul berisi informasi umum tentang modul, seperti:

  • Nama Modul
  • Kelas
  • Mata Pelajaran
  • Jumlah Pertemuan
  • Alokasi Waktu

Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran berisi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada akhir pembelajaran. Tujuan Pembelajaran harus jelas, spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berorientasi pada siswa.

Pembelajaran

Pembelajaran berisi kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran harus bervariasi dan melibatkan siswa secara aktif.

Asesmen

Asesmen berisi kegiatan penilaian yang akan dilakukan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Asesmen harus dilakukan secara berkelanjutan dan otentik.

Penilaian

Penilaian berisi kegiatan penilaian akhir yang akan dilakukan untuk menentukan apakah tujuan pembelajaran telah tercapai. Penilaian akhir harus dilakukan secara objektif dan adil.

Refleksi

Refleksi berisi kegiatan refleksi yang akan dilakukan oleh guru untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilakukan. Refleksi harus dilakukan secara jujur dan objektif.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 SD dapat digunakan oleh guru untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna.

Berikut tautan download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 SD/MI Kurikulum Merdeka semester 1 dan 2:

  • Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 klik (Disini).
  • Prosem Bahasa Indonesia Kelas 5 klik (Disini)
  • Prota Bahasa Indonesia Kelas 5 klik (Disini)
  • Aplikasi Penilaian klik (Disini)
  • Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 klik (Disini).
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan 2 klik (Disini).

Butuh Perangkat Ajar Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran unduh (Disini)