Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Surat Keterangan Tanah


Surat Keterangan Tanah atau SKT merupakan surat yang membuktikan bahwa kita merupakan pemilik atas tanah yang dimiliki. Surat Keterangan Tanah (SKT) ini merupakan bukti resmi yang menegaskan kepemilikan individu terhadap suatu lahan di lokasi tertentu. Keberadaan dokumen-dokumen ini akan memperkuat posisi pemilik dan mencegah klaim yang tidak sah terhadap tanah tersebut.

Secara sederhana, SKT adalah sebuah dokumen yang menunjukkan kepemilikan tanah. Namun, perlu diketahui bahwa posisi SKT berada di bawah SHM atau sertifikat hak milik tanah. Jika Anda memiliki tanah yang belum memiliki SHM, anda dapat membuat surat kepemilikan tanah terlebih dahulu di Kantor Kelurahan untuk menghindari kemungkinan konflik.

Surat kepemilikan tanah ini juga merupakan salah satu persyaratan dalam proses pendaftaran tanah di Kantor Pertanahan (ATR/BPN). SKT berfungsi sebagai dokumen tambahan dan bukti sejarah kepemilikan tanah. Berikut adalah beberapa contoh Surat Keterangan Tanah (SKT) yang sah sebagai bukti kepemilikan tanah dalam format word, silahkan download (DISINI).