Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Projek P5 Kurikulum Merdeka Jenjang SMP

Profil Pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Profil Pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Secara lebih mendetail, karakter Pelajar Pancasila dijabarkan dalam Profil Pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 dimensi berikut:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia

Elemen: akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, akhlak bernegara.

2. Berkebinekaan global

Elemen: mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antarbudaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan, berkeadilan sosial.

3. Bergotong royong

Elemen: kolaborasi, kepedulian, berbagi.

4. Mandiri

Elemen: pemahaman diri dan situasi yang dihadapi, regulasi diri.

5. Bernalar kritis

Elemen: memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri.

6. Kreatif

Elemen: menghasilkan gagasan yang orisinal, menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.

Keenam dimensi profil pelajar Pancasila perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Pendidik perlu mengembangkan keenam dimensi tersebut secara menyeluruh sejak pendidikan anak usia dini. Profil Pelajar Pancasila dibentuk sebagai usaha pengembangan SDM unggul yang bersifat holistik, dan tidak berfokus pada kemampuan kognitif saja. Karena itu, Profil Pelajar Pancasila juga merupakan suatu capaian dari proses pembelajaran lintas disiplin.

Adapun Tema P5 untuk jenjang SMP adalah sebagai berikut:

  1. Gaya Hidup Berkelanjutan: Tema ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak aktivitas manusia terhadap keberlanjutan kehidupan di dunia dan lingkungan sekitarnya, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Fokus utama tema ini adalah membangun kesadaran siswa akan pentingnya sikap dan perilaku ramah lingkungan serta mencari solusi terhadap masalah lingkungan.
  2. Kearifan Lokal: Isu krisis identitas akibat berkurangnya budaya dan kearifan lokal dihadapi oleh bangsa Indonesia. Tema ini dipilih dengan tujuan membangun rasa ingin tahu siswa dan kemampuan berinquiri melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal di sekitar mereka atau daerah tersebut. Guru dapat menyesuaikan kegiatan tema ini dengan kearifan lokal masing-masing daerah.
  3. Bhinneka Tunggal Ika: Tema ini mengajak siswa untuk lebih memahami dan berdialog dengan hormat tentang keberagaman kelompok agama dan kepercayaan yang ada di sekitar mereka dan di Indonesia, serta nilai-nilai yang dianut oleh kelompok-kelompok tersebut. Selain itu, tema ini juga mengajarkan siswa untuk bersikap kritis dan reflektif dalam menghadapi stereotip negatif yang sering melekat pada suatu kelompok agama, serta dampak yang dapat timbul jika terjadi konflik dan kekerasan.
  4. Bangunlah Jiwa dan Raganya: Selain krisis identitas diri, perundungan juga menjadi perhatian khusus. Data riset PISA 2018 menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat kelima sebagai negara dengan siswa korban perundungan terbanyak. Tema ini dimasukkan dalam Projek Profil Pelajar Pancasila dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan keterampilan siswa dalam menjaga kesehatan fisik dan mental, baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitarnya.
  5. Suara Demokrasi: Sebagai negara demokrasi, penting untuk menumbuhkan jiwa demokrasi dalam diri siswa. Tema ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai demokrasi melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
  6. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI: Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi siswa dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, dan empati dalam merancang dan membangun produk berteknologi yang dapat mempermudah kegiatan sehari-hari mereka dan orang di sekitarnya.
  7. Kewirausahaan: Tema ini mengajarkan siswa untuk mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal, mengatasi masalah yang ada dalam mengembangkan potensi tersebut, dan menghubungkannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat.

Modul Projek P5

Modul Projek merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Adapun tujuan dari modul projek P5 ini adalah untuk menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui tema-tema strategis bersifat lintas disiplin, yang ditentukan oleh Kemendikbudristek. 

Untuk mendownload contoh modul projek P5 jenjang SMP silahkan klik (Disini)