Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Modul Ajar adalah dokumen yang berisi perencanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh guru/pengajar secara mandiri atau berkolaborasi dengan komunitas guru/pengajar lainnya untuk memudahkan mereka dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. 

Capaian pembelajaran adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik di akhir fase. Capaian pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Alur tujuan pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. ATP menjadi panduan guru dan peserta didik untuk mencapai capaian pembelajaran di akhir fase tersebut.

Modul Ajar, capaian pembelajaran, dan alur tujuan pembelajaran merupakan tiga hal yang saling berkaitan dalam Kurikulum Merdeka. Modul Ajar disusun berdasarkan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan untuk suatu fase. 

Capaian pembelajaran tersebut kemudian dijabarkan menjadi rangkaian tujuan pembelajaran dalam bentuk alur tujuan pembelajaran. Alur tujuan pembelajaran ini kemudian menjadi panduan dalam penyusunan kegiatan pembelajaran dan penilaian.

Dengan demikian, Modul Ajar, capaian pembelajaran, dan alur tujuan pembelajaran merupakan komponen yang saling melengkapi dan saling mendukung dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif dan bermakna.

Berikut Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2:

  • CP Bahasa Indonesia Kelas 1 SD klik (Disini)
  • ATP Bahasa Indonesia Kelas 1 SD  (Disini)
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 Semester 1 dan 2 (Disini)