Kunci Jawaban Post Test Pembatik Level 2 Tahun 2024
Berikut Kunci Jawaban Ujian Post Test Pembatik Level 2 Tahun 2024 dengan nilai 150 (benar semuanya):
1. Mengkombinasikan dengan pembelajaran mandiri
peserta didik dapat menentukan kecepatan belajarnya masing-masing. Ini
merupakan kunci utama dalam penerapan hybrid learning, yaitu ...
A. Self
paced learning
B. Live event
C. Performance Support Materials
D. Assessment
E. Collaboration
2. Dalam merencanakan pembelajarannya, Pak Budi
menginginkan peserta didiknya mendapatkan pengalaman belajar yang menantang dan
menyenangkan dengan memanfaatkan perangkat TIK. Sehingga Pak Budi mencari
sumber belajar digital di beberapa portal pendidikan diantaranya Rumah
Belajar dan laman web https://www.abcya.com. Model
pembelajaran yang akan diterapkan oleh Pak Budi di kelasnya adalah ….
A. Problem Based Learning
B. Station Learning
C. Game
Based Learning
D. Project Based Learning
E. Discovery-Inquiry Learning
3. Dalam merencanakan pembelajarannya, Pak Budi
menginginkan peserta didiknya mendapatkan pengalaman belajar yang menantang dan
menyenangkan dengan memanfaatkan perangkat TIK. Sehingga Pak Budi mencari
sumber belajar digital di beberapa portal pendidikan diantaranya Rumah
Belajar dan laman web https://www.abcya.com. Model
pembelajaran yang akan diterapkan oleh Pak Budi di kelasnya adalah ….
A. Problem Based Learning
B. Station Learning
C. Game
Based Learning
D. Project Based Learning
E. Discovery-Inquiry Learning
4. Keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh guru
adalah menggunakan teknologi digital sehingga dapat memanfaatkan kelebihan
teknologi dalam mengelola pembelajaran dengan lebih efisien. Berikut adalah
contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam mengelola
pembelajaran, kecuali ….
A. berkolaborasi dengan pihak
sekolah dan dinas membuat e-rapor
B. mengumpulkan portofolio hasil
belajar siswa di LMS
C. mengikuti
program keprofesian berkelanjutan secara daring
D. melakukan asesmen diagnostik
melalui platform Merdeka Mengajar
E. mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital
5. Menurut Harrington, komponen utama
dalam sikap reflektif yang harus dimiliki pendidik meliputi ….
A. kreativitas, inovasi, dan
kolaborasi
B. keterbukaan,
tanggung jawab, dan kesungguhan
C. pengetahuan, keterampilan, dan
sikap
D. motivasi, apresiasi, dan refleksi
E. kritikal, kolaboratif, dan inovatif
6. Ibu Ani menyediakan stasiun digital pada
pembelajarannya yang menggunakan model pembelajaran station learning.
Contoh kegiatan yang dapat dilakukan pada pos tersebut adalah…
A. Mengikuti
kuis interaktif menggunakan perangkat lunak
B. Membaca buku teks dan menuliskan
hal-hal yang belum dipahami
C. Melakukan eksperimen dengan
peralatan laboratorium
D. Menghafal definisi dari buku
catatan
E. Mendengarkan ceramah guru tanpa interaksi
7. Salah satu aktivitas belajar di kelas digital (LMS)
adalah peserta didik mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron
melalui video pembelajaran yang ditautkan di LMS tersebut. Ranah (domain) TPACK
yang dominan pada aktivitas belajar tersebut adalah ….
A. TCK
(technological and content knowledge)
B. TPK (technological and
pedagogical knowledge)
C. PCK (pedagogical and content
knowledge)
D. PK (pedagogical knowledge)
E. TK (technological knowledge)
8. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam
pengelolaan kelas terintegrasi TIK untuk pembelajaran kolaboratif adalah ….
A. meningkatkan kompetensi
profesional penggunaan TIK
B. mengidentifikasi
situasi awal lingkungan belajar
C. meminta umpan balik siswa
D. memilih platform pembelajaran
yang sesuai
E. memberikan motivasi dan apresiasi
9. Pembelajaran digital sebagai sebuah sistem memiliki
beragam komponen sebagai subsistem penyusun. Komponen pembelajaran digital
meliputi unsur fisik dan non fisik. Yang termasuk komponen unsur
fisik dalam pembelajaran digital adalah …
A. infrastruktur
dan perangkat TIK
B. infrastruktur dan metode
pembelajaran
C. regulasi dan kebijakan pendidikan
digital
D. program komputer dan kebijakan
E. perangkat TIK dan strategi
pembelajaran
10. Kelemahan
lingkungan belajar luring adalah ...
A. Umpan balik langsung
B. Kontrol kelas langsung
C. Terbuka akan praktik langsung
D. Biaya
tinggi untuk fasilitas
E. Konteks sosial yang kaya
11. Salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas
pendidikan daerah sebagai pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi
pembelajaran digital adalah ….
A. memastikan semua sekolah
memiliki web sekolah dan pendataan terpusat
B. mendata semua guru, tenaga
kependidikan, dan peserta didik sebagai penerima bantuan TIK
C. mendaftarkan semua sekolah di
daerahnya menjadi sekolah penggerak
D. mengganti kurikulum yang berlaku
dengan membuat desentralisasi kurikulum digital
E. memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya
12. Contoh penerapan pendekatan TPACK dalam bentuk
pengintegrasian TIK dalam strategi pembelajaran adalah ….
A. memanfaatkan fitur tautan di LMS
untuk pengumpulan tugas siswa
B. mengembangkan
media video pembelajaran digital
C. memanfaatkan fitur di platform
Merdeka Mengajar untuk asesmen diagnostik
D. menggunakan Microsoft Excel untuk
mengolah nilai ujian
E. menggunakan forum diskusi di kelas digital untuk brainstorming
13. Dampak positif dari penggunaan model
pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan belajar daring dalam proses
pembelajarannya adalah …
A. meningkatkan interaksi sosial
antara pendidik dan peserta didik
B. menyebabkan ketergantungan
peserta didik pada teknologi
C. memperluas
akses peserta didik terhadap sumber belajar
D. membatasi kemampuan peserta didik
dalam berkolaborasi dan diskusi
E. mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran
14. Kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas
merupakan salah satu dari komponen utama refleksi yaitu ....
A. Responsibility
B. Open mindedness
C. Problem solving
D. Consistency
E. Wholeheartedness
15. Setelah melakukan
kegiatan awal pembelajaran, Ibu Indah memberikan contoh kasus/gambar/video
tentang permasalahan kehidupan sehari-hari yang beliau dapat dari media sosial
untuk memunculkan pertanyaan awal bagi murid. Hal yang dilakukan oleh Ibu Indah
tersebut pada model pembelajaran project based learning merupakan
tahapan ….
A. Evaluation the experience
B. Access the outcome
C. Start
with essential equation
D. Design project
E. Monitoring the students and progress of project
16. Seorang guru IPA menyelenggarakan pembelajaran
dengan memanfaatkan beberapa media berbasis web. Proses pembelajaran dilakukan
secara sinkronus di kelas dan asinkronus. Penerapan pendekatan TPACK yang
dilakukan guru tersebut sesuai dengan pernyataan berikut ….
A. pembelajaran
inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital
B. kemampuan teknologi guru tidak
diperlukan saat pembelajaran asinkronus
C. pembelajaran sinkronus dan
asinkronus dilakukan karena keterbatasan teknologi
D. model SOLE menerapkan pendekatan
teknologi, keaktifan guru (teacher-centered)
E. pembelajaran sinkronus melalui kelas digital dilakukan di ruang kelas konvesional
17. Faktor yang menjadi pendukung utama dalam
pelaksanaan pembelajaran digital adalah…
A. tumbuhnya motivasi kepala sekolah
untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh
B. meningkatnya kemampuan
profesional guru setelah mengikuti program pelatihan
C. kebutuhan
peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan
D. berkembangnya teknologi terbaru
yang masih belum dioptimalkan penggunaannya
E. berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah
18. Contoh kegiatan yang sesuai dengan Discovery
Inquiry Learning yang memanfaatkan sumber belajar digital adalah ...
A. Membaca buku teks dan mengerjakan
soal
B. Membentuk kalimat lengkap dengan
menggunakan permainan pada Rumah Belajar
C. Mendengarkan ceramah guru tanpa
diskusi
D. Menggambar poster pada kertas
E. Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual
19. Bu Yani, seorang guru Bahasa Inggris, menemukan
bahwa murid-muridnya kurang termotivasi karena kesulitan memahami materi.
Langkah awal yang sebaiknya Bu Yani lakukan dalam memanfaatkan PMM adalah:
A. Memberikan
asesmen awal menggunakan fitur Asesmen Murid untuk mengetahui tingkat pemahaman
peserta didik.
B. Merancang pembelajaran
berdiferensiasi berdasarkan hasil Asesmen Murid.
C. Langsung membuat modul ajar
menggunakan fitur Perangkat Ajar.
D. Mencari inspirasi pembelajaran
dari fitur Ide Praktik dan Video Inspirasi.
E. Menampilkan materi ajar dan video pembelajaran menggunakan fitur Bukti Karya.
20. Bu Anita, seorang guru SD, ingin mengajarkan
konsep pecahan kepada peserta didiknya. Ia menemukan beberapa konten di Portal
Rumah Belajar, seperti video pembelajaran dan permainan interaktif. Bagaimana
Bu Anita dapat mengoptimalkan penggunaan konten-konten ini dalam
pembelajarannya?
A. Meminta siswa memilih konten yang
mereka sukai dan membiarkan mereka belajar secara mandiri.
B. Membuat konten sendiri yang lebih
relevan dengan kebutuhan siswa dan mengabaikan konten yang ada di Portal Rumah
Belajar.
C. Memilih satu konten yang paling
menarik bagi peserta didiknya dan menggunakannya sepanjang pembelajaran.
D. Menggunakan
video sebagai pengantar, permainan untuk memperkuat konsep, dan evaluasi
E. Menggunakan semua konten secara berurutan, mulai dari video, permainan, lalu latihan soal.
21. Pendekatan TPACK diperlukan guru dalam
mengembangkan pembelajaran digital maupun salah satu subsistem di dalamnya.
Apabila seorang guru sudah kompeten dalam merancang strategi dan mengelola
pembelajaran dan menguasai substansi pelajaran dengan baik, maka unsur TPACK
yang harus ditingkatkan guru tersebut adalah ….
A. innovation knowledge
B. pedagogical knowledge
C. technological
knowledge
D. content knowledge
E. curriculum knowledge
22. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan
manfaat dari pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran?
A. Memungkinkan pembelajaran yang
lebih interaktif dan menarik.
B. Mengurangi ketergantungan pada
buku teks cetak.
C. Meningkatkan motivasi dan
keterlibatan peserta didik dalam belajar.
D. Menggantikan
peran guru dalam proses pembelajaran.
E. Memperluas akses terhadap materi pembelajaran yang beragam.
23. Berikut ini merupakan contoh Learning
Management System, kecuali…
A. Schoology
B. Quizizz
C. Google Classroom
D. Microsoft Teams
E. Canvas
24. Pelaksanaan pembelajaran dalam Implementasi
Kurikulum Merdeka menurut Standar Proses dalam Permendikbudristek Nomor 16
Tahun 2022 melalui beberapa tahapan, seperti ....
A. perancangan, praktik baik, dan
evaluasi pembelajaran
B. perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran
C. penentuan, perlakuan, dan
penilaian proses pembelajaran
D. perencanaan, praktik baik, dan
refleksi pembelajaran
E. pengembangan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran
25. Seorang guru dapat memanfaatkan PMM sebagai sumber
belajar digital yang dapat membantunya dalam mengetahui tingkat pemahaman murid
terhadap materi yang akan diajarkan. Fitur PMM apa yang dapat digunakan guru
tersebut?
A. Pelatihan Mandiri.
B. Video Inspirasi.
C. Ide Praktik.
D. Perangkat Ajar.
E. Asesmen Murid.
26. Contoh pelaksanaan evaluasi terhadap sasaran
pembelajaran digital pada aspek input adalah ….
A. evaluasi oleh evaluator eksternal
institusi
B. evaluasi terhadap lulusan dan
alumni
C. evaluasi hasil belajar portofolio
peserta didik
D. evaluasi pemanfaatan bahan
belajar dan media
E. evaluasi kondisi awal dan karakteristik peserta didik
27. Lingkungan belajar mengandung arti …
A. semua yang ada di sekeliling
individu yang menimbulkan komunikasi
B. lingkungan aman yang berperan
dalam proses transfer informasi
C. hal yang dapat mempengaruhi
perubahan sifat peserta didik
D. segala
hal di sekitar peserta didik yang mempengaruhi tingkah laku
E. lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat
28. Pemanfaatan sumber belajar digital yang tepat pada
tahapan model pembelajaran problem based learning adalah …..
A. Menyajikan
bahan tayang berupa video dari media sosial untuk memberikan gambaran nyata
permasalahan yang diberikan
B. Memberikan tautan microsite yang
berisi artikel, video, e-book sebagai referensi dalam menyusun perencanaan
proyek
C. Mengakses fitur edugame pada
Portal Rumah Belajar untuk memilih jenis permainan yang sesuai topik
D. Mengumpulkan data secara
berkolaborasi dengan memanfaatkan fitur Rumah Belajar atau Video On Demand
E. Menyediakan pos pembelajaran digital untuk melakukan simulasi melalui fitur Laboratorium Maya di Rumah Belajar
29. Implementasi pembelajaran digital tidak sekadar
menghadirkan penggunaan perangkat teknologi dalam proses belajar tapi perlu
metode pembelajaran yang relevan dengan kondisi riil, misalnya dalam
bentuk ….
A. memanfaatkan aplikasi rapor hasil belajar digital
B. menerapkan fitur pengisian daftar hadir pada
kelas digital
C. menerapkan
pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah
D. menggunakan aplikasi vicon untuk berdiskusi
secara klasikal
E. mengembangkan beragam media pembelajaran digital
30. Pak Anwar, seorang guru IPS, ingin memperkaya
materi pembelajaran tentang sejarah Indonesia. Bagaimana
website buku.kemdikbud.go.id dapat membantunya?
A. Mencari
buku-buku referensi tambahan tentang tokoh-tokoh sejarah Indonesia.
B. Mengunduh buku teks digital
tentang sejarah Indonesia untuk menggantikan buku cetak.
C. Berdiskusi dengan sejarawan
melalui forum diskusi di website tersebut.
D. Membuat soal ujian online tentang
sejarah Indonesia.
E. Mengikuti webinar tentang metode pengajaran sejarah yang efektif.
31. Pendekatan Praktik Baik (Best Practice) dalam
pembelajaran melibatkan ….
A. fokus pada hasil akhir
B. metode pengajaran yang
konvensional
C. penilaian sumatif saja
D. prosedur yang belum terbukti
berhasil
E. penilaian
formatif dan sumatif komprehensif